Anies Baswedan Paling Dijagokan Jadi Menteri Pendidikan

Kompas.com - 15/10/2014, 20:20 WIB
Deputi Tim Transisi Jokowi-JK, Anies Baswedan sesaat sebelum memulai rapat di Rumah Transisi, Jalan Situbondo 10, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13/8/2014). KOMPAS.COM/RAHMAT FIANSYAHDeputi Tim Transisi Jokowi-JK, Anies Baswedan sesaat sebelum memulai rapat di Rumah Transisi, Jalan Situbondo 10, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13/8/2014).
Penulis Ihsanuddin
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan mendapatkan dukungan tertinggi sebagai kandidat Menteri Pendidikan pada kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla. Dukungan itu disampaikan melalui situs Kabinetrakyat.org.

Hingga hari ini, Rabu (15/10/2014), Anies mendapatkan 3.603 dukungan. Kandidat lainnya, Azyumardi Azra 392 suara, sementara Yudi Latif 319 suara.

Selama ini, Anies memang diketahui malang melintang dalam dunia pendidikan. Selain seorang rektor, dia juga dikenal sebagai penggagas gerakan Indonesia Mengajar. Anies belum pernah mempunyai pengalaman duduk di lembaga pemerintahan. Namun, peluang terpilihnya cukup kuat karena dia turut menjadi anggota tim kampanye nasional Jokowi-JK pada pemilu presiden lalu.

Setelah keduanya dinyatakan resmi memenangi pemilu, Anies kembali diangkat menjadi salah satu Deputi Tim Transisi.

Sementara Azyumardi Azra, adalah Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta pada 2004-2009. Dia menjadi Deputi Sekretaris Wakil Presiden RI Boediono, Bidang Kesejahteraan Rakyat pada tahun 2009.

Adapun Yudi Latif dikenal sebagai seorang cendikiawan muda, pemikir keagamaan dan kenegaraan. Yudi banyak menulis buku dan menjadi dosen tamu di berbagai universitas terkemuka. Yudi juga tercatat sebagai Direktur Eksekutif Reform Institute, sebuah lembaga yang independen yang didedikasikan untuk memperbaharui upaya-upaya pemenuhan hak-hak sipil dan politik; ekonomi, sosial dan budaya.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X