Kompas.com - 11/09/2014, 21:37 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden terpilih Joko Widodo bertemu sebagian anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/9/2014). Salah satu materi pembicaraan dalam pertemuan itu adalah soal defisit anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2014.

Defisit anggaran itu dikaitkan dengan belum terpenuhinya alokasi anggaran untuk desa, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Desa. "Harusnya (desa) mendapat Rp 59 triliun tetapi baru teralokasi Rp 9 triliun," ujar Ketua DPD Irman Gusman mengatakan.

Menurut Irman, kekurangan fisikal ini telah dia sampaikan kepada Tim Transisi Jokowi-Jusuf Kalla. Ia berharap, melalui Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2015, persoalan tersebut dapat dicarikan solusinya.

Cara yang masih bisa dilakukan, sebut Irman, adalah penghematan, penggenjotan pajak, serta pengalihan subsidi. Namun, kata dia, semua cara itu tetap butuh kajian mendalam terlebih dahulu. "Kami tetap berharap pada pemerintahan Pak Jokowi nanti dicarikan jalan keluarnya," ujar Irman.

Selain membahas masalah anggaran, Irman mengatakan pertemuannya dengan Jokowi juga membahas masalah lain seperti soal RUU Kelautan yang merupakan inisiatif DPD. Dibahas pula, kata dia, masalah pembangunan desa, pertanian, dan kesenjangan ekonomi Indonesia.

Sementara itu, Jokowi mengatakan aspirasi dari DPD ini akan diserap terlebih dahulu. "Kami ini bersilaturahmi, yang penting. Sehingga, aspirasi daerah kami juga bisa tahu," kata dia.

Menurut Jokowi, hubungan semacam ini juga perlu untuk terus dijalin erat. Dengan adanya pertemuan-pertemuan semacam ini, ujar dia, permasalahan-permasalahan di daerah bisa diakomodir oleh pemerintahan pusat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.