Pendaftaran Ditutup, Pansel Jaring 104 Pendaftar Pimpinan KPK

Kompas.com - 03/09/2014, 20:29 WIB
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Amir Syamsudin (kanan) dan Wakil MEnteri Hukum dan HAM, Deny Indrayana KOMPAS/HENDRA A SETYAWANMenteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Amir Syamsudin (kanan) dan Wakil MEnteri Hukum dan HAM, Deny Indrayana
|
EditorFidel Ali Permana


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Amir Syamsuddin menyatakan Pansel telah menutup pendaftaran seleksi calon pimpinan KPK pukul 16.00 WIB. Ia mengatakan, sebanyak 104 orang telah mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi administrasi.

"Sejauh ini, sampai jam 16.00 WIB sudah 103 pendaftar. Terdiri dari 95 pria, 8 wanita." ujar Amir di Jakarta, Rabu (3/9/2014).

Asisten Amir yang berdiri disampingnya segera meralat jumlah tersebut. "Sudah 104. Satu lagi (mendaftar) lewat pos," ujarnya.

Amir yang juga menteri hukum dan HAM ini mengatakan, beberapa data masih belum selesai dihimpun oleh tim. Ia menambahkan, data sementara yang dimilikinya terkait latar belakang pendaftar adalah sebanyak 14 orang dari advokat, 24 orang dari pensiunan pegawai negeri sipil, sebanyak 7 orang dari purnawirawan TNI/Polri, dan 43 orang dari kalangan swasta.

Amir mengatakan, daftar peserta yang lolos seleksi administrasi akan diumumkan dalam minggu ini. Setelah nama tersebut diumumkan, kata Amir, tahapan seleksi selanjutnya akan dilakukan.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menerbitkan Keppres Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pembentukan Calon Pimpinan KPK pada 23 Juli 2014. Pansel akan melakukan seleksi dan mengirimkan dua nama calon yang kemudian akan diuji kelayakan dan kepatutannya di Dewan Perwakilan Rakyat.

Menurut Pansel, mereka yang mendaftarkan diri harus memenuhi syarat sesuai Keppres tersebut. Dalam upaya jemput bola, Pansel mengirimkan surat pemberitahuan mengenai pembukaan pendaftaran calon pimpinan KPK kepada institusi penegak hukum, termasuk KPK, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan, serta ke forum rektor. Diharapkan, surat pemberitahuan itu dapat mendorong pihak yang berminat untuk segera mendaftarkan diri.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X