KPU Tak Temukan Surat Suara Tanpa Gambar Jokowi-JK di Hongkong

Kompas.com - 02/07/2014, 22:13 WIB
|
EditorLaksono Hari Wiwoho

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengklarifikasi informasi mengenai surat suara yang tidak mencantumkan gambar pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut dua, Joko Widodo-Jusuf Kalla. Sejauh klarifikasi yang dilakukan, belum ditemukan surat suara sebagaimana informasi yang beredar di media sosial.

"Kawan-kawan sedang mencari tahu ke panitia pemilihan luar negeri (PPLN). Namun sejauh ini, belum ditemukan surat suara yang seperti itu," ujar Kepala Biro Logistik KPU Boradi di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Rabu (2/7/2014).

Dia mengatakan, bisa saja informasi tersebut tidak benar. Menurut dia, tidak mungkin kerusakan surat suara terstruktur hanya menghilangkan salah satu pasangan calon. "Kalau rusak, ya pasti rusak dua-duanya, misalnya gambarnya kabur. Kalau seperti tadi tidak mungkin. Kan polanya satu," kata Boradi.

Sebelumnya, anggota tim pemenangan pasangan Jokowi-JK, Eva Kusuma Sundari, menerima informasi bahwa surat suara untuk Pilpres Indonesia di Hongkong hanya berisikan gambar pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa (baca: Eva: Surat Suara di Hongkong Hanya Ada Gambar Prabowo-Hatta).

"Hari ini surat suaranya baru masuk. Ketika dibuka, ada surat suara yang gambarnya tak ada muka Jokowi-JK. Ini dari relawan Hongkong. Itu dari pos diterima ke alamat pemilih," ujar Eva di Kompleks Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X