Kompas.com - 01/02/2014, 06:45 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JAKARTA, KOMPAS.com — Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono berharap kaum muda Ponorogo, Jawa Timur, mau melestarikan kesenian reog.

"Saya berharap pemuda Ponorogo bisa melestarikan reog. Jangan sampai budaya asli Indonesia diklaim oleh bangsa lain," kata Ibas, panggilan Edhie Baskoro, di hadapan warga dan paguyuban Seni Tradisional Jaranan Campursari Nogo Rumping, di Pringen, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (31/1/2014).

Dikutip dari siaran persnya, Ibas mengimbau agar paguyuban-paguyuban seni terus dikembangkan. Kunjungan ke Ponorogo ini merupakan rangkaian kegiatan Ibas di daerah pemilihan Jawa Timur VII, yang merupakan daerah pemilihannya untuk pemilu legislatif.

Ibas mengaku senang melihat antusiasme para pemuda yang mau mempelajari kesenian dan kebudayaan asli daerah. "Kalau anak mudanya tidak menyenangi, mempelajari seni dan budaya sendiri, lalu siapa lagi? Nanti bangsa lain mengklaim budaya Indonesia," ujar dia.

(Reza Gunadha)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.