Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anas: Tak Ada Pertemuan dengan Mulyana Tanpa Bicara Politik

Kompas.com - 02/12/2013, 05:38 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menyambangi rumah duka mendiang Mulyana Wira Kusumah, di Kompleks Meruya Ilir, Jakarta Barat, Senin (2/12/2013) dini hari. Anas pun bertutur tentang pertemuan terakhirnya dengan Mulyana.

Anas mengaku mendengar kabar duka tentang koleganya di KPU itu, Minggu (1/12/2013) malam. Dia pun kaget lantaran tiga pekan lalu melihat kondisi Mulyana yang dirawat di RS Siloam, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, terlihat membaik. "Tapi ini sudah ketentuan Tuhan," ujar dia.

Selain bicara soal kondisi kesehatan Mulyana, Anas mengatakan, pada pertemuan terakhir itu mereka sempat berbincang tentang situasi politik Indonesia. "Tidak pernah kalau bertemu Pak Mulyana tidak ngomong politik," kata dia.

Bahkan saat terbaring sakit, ujar Anas, Mulyana masih punya perhatian besar terhadap penyelenggaraan pemilu yang demokratis dan baik. "Pemilu yang bisa membangunkan demokrasi," ujarnya. Pada pertemuan terakhir itu, tutur Anas, Mulyana masih membahas masalah kisruh daftar pemilih tetap untuk Pemilu 2014.

Sama-sama mengawal Pemilu 2004, Anas mengenal sosok Mulyana sebagai pekerja keras dan mempunyai komitmen pada pekerjaannya. Penilaian itu tak berubah sekalipun Mulyana terjegal kasus korupsi bersama beberapa anggota KPU saat itu. "Mudah-mudahan Pak Mulyana meninggal dalam kondisi yang khusnul khotimah, akhir yang baik, dan keluarga yang ditinggalkan dianugerahkan kesabaran," kata dia.

(Nurmulia Rekso Purnomo/Reza Gunadha)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com