Kompas.com - 07/09/2013, 17:35 WIB
|
EditorLaksono Hari Wiwoho

JAKARTA, KOMPAS.com - Sosok politisi PDI Perjuangan, Joko Widodo atau Jokowi, begitu populer di kalangan masyarakat. Oleh sebab itu, wajar bila banyak orang ingin bertemu langsung dengan calon favorit presiden tersebut. Hal ini kemudian dimanfaatkan oleh segelintir uang untuk menjalankan bisnis dengan memanfaatkan popularitas Jokowi.

Untuk urusan aji mumpung itu, Herman Fili tergolong piawai memanfaatkan ketenaran Jokowi. Warga Cengkareng, Jakarta Barat, ini memadukan kemampuan fotografi dan rekayasa gambar digital untuk memuaskan para penggemar Jokowi. Atas kecerdikannya itu, puluhan juta rupiah berhasil ia raup selama dua hari menjajakan karyanya di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan, di Ancol, Jakarta, Sabtu (7/9/2013).

Apa yang dilakukan Herman sebenarnya cukup sederhana. Ia menawarkan jasa foto pada para kader PDI Perjuangan yang hadir di rakernas. Di rakernas itu, ada puluhan juru foto komersial yang siap membidik semua kader PDI Perjuangan. Namun, yang membuat karya Herman berbeda dan menarik adalah semua subyek fotonya seakan-akan sedang berfoto bersama Jokowi.

Pose yang ditawarkan juga cukup beragam. Ada yang sedang bersalaman dengan Jokowi, ada yang berdiri berdampingan dengan Gubernur DKI Jakarta itu, dan lainnya.

"Saya ciptakan ini karena yang lain enggak kepikiran ke sana. Soalnya Jokowi lagi diminati masyarakat," kata Herman saat ditemui di tengah kesibukannya, Sabtu siang.

Satu lembar foto yang telah diedit oleh Herman dibanderol seharga Rp 125.000. Ada biaya tambahan sebesar Rp 25.000 jika pemesan menginginkan soft copy atau file foto tersebut dalam bentuk sekeping compact disc. Waktu produksinya juga tak terlalu lama. Ia hanya memerlukan waktu sekitar dua sampai tiga jam untuk mengedit sebuah foto. Waktu ini tergantung banyaknya foto yang dipesan.

"Dari kemarin sudah laku lebih dari 200 (foto), hampir 300," ujarnya.

Salah seorang pemesan, Edi Susanto, mengaku tertarik karena ia mengagumi sosok Jokowi. Selain itu, menurutnya, Jokowi adalah figur yang mampu dan layak menjadi calon presiden mendatang. "Ya, kan Jokowi bisa nyelesaiin masalah, ya saya nge-fans lah," kata Wakil Ketua DPC Aceh tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.