Kompas.com - 15/08/2013, 14:19 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB) akan membuka lowongan CPNS sekitar 65 ribu formasi di kementerian/lembaga dan pemerintah daerah pada tahun 2013. 

"Tahun ini ada penerimaan 65 ribu CPNS. Ada dua tes. Satu untuk tenaga honorer K-2 (kategori 2). Satu lagi untuk umum," kata Menteri PAN-RB Azwar Abubakar, di Kantor Kemen PAN-RB, Jakarta, Kamis (15/8/2013).

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bagian Sumber Daya Manusia Kemen PAN-RB, Setiawan Wangsaatmaja menjelaskan, dari total 65 ribu formasi, 25 ribu formasi dibuka untuk kementerian/lembaga di tingkat pusat ,sementara 40 ribu lainnya dibuka untuk pemerintah kabupaten/kota di tingkat daerah. Jenis posisi yang dibutuhkan pun bermacam-macam.

"Tapi untuk posisi seperti dokter, guru, dan tenaga teknis lainnya, masih menjadi prioritas," katanya.

Ia mengatakan, sejauh ini persiapan penyelenggaraan CPNS sedang berlangsung, termasuk tim pembuat soal bekerja sama dengan konsorsium yag terdiri dari sejumlah perguruan tinggi negeri untuk membuat soal tes CPNS. Nantinya, bagi pelamar umum akan menggunakan CAT (Computer Assisted Test), sementara tenaga honorer kategori 2 masih menggunakan Lembar Jawaban Komputer atau manual.

"Untuk umum jika belum siap, boleh menggunakan LJK. Tapi diharapkan, tahun 2014 semuanya sudah komputer," katanya.

Hasil ujian CPNS akan diumumkan Kemen PAN melalui laman situs yang telah tersedia. "Intinya kami menginginkan proses penerimaan CPNS yang bersih dan terbuka yang sudah dimulai sejak tahun lalu," kata Azwar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.