Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaum "Skinhead" Ikut Demo Minta Pekerjaan

Kompas.com - 01/05/2013, 15:33 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Aksi unjuk rasa memperingati Hari Buruh Sedunia (May Day) di Kota Bandung ternyata tidak hanya diikuti oleh para buruh. Belasan pemuda dari kaum skinhead yang menamakan diri Anarkis Skinhead and Punk (ASAP) Bandung ikut ambil bagian dalam aksi di depan Gedung Sate di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (1/5/2013).

"Kita ambil bagian pada hari buruh ini karena skinhead adalah bagian dari buruh," kata salah satu dedengkot skinhead dan punk Bandung, Canex Skin, saat ditemui di sela aksi demonstrasi.

Canex menambahkan, cikal bakal kaum skinhead yang lahir di Inggris adalah dari para kelas pekerja.

"Lahirnya skinhead juga berasal dari buruh. Kalau di Inggris biasa disebut working class," tambahnya.

Tak berbeda jauh dengan tuntutan para buruh, kaum yang identik dengan kepala plontos ini berharap pemerintah dan perusahaan bisa memberikan kesempatan bagi para kaum skinhead dan punk untuk bekerja.

"Misi kita tetap memperjuangkan hak kaum pekerja. Kami juga berharap pemerintah bisa menciptakan lapangan kerja buat punk dan skinhead di Indonesia," tegasnya.

Selain itu, Canex juga ingin membuktikan kepada pemerintah dan perusahaan yang memandang remeh kaum skinhead dan punk bahwa mereka juga memiliki kualitas sebagai seorang pekerja.

"Karena kami bukan sampah masyarakat, kami adalah bagian dari pemuda dan kita semua memiliki kualitas kerja yang sama," katanya. Ketika ditanya mengapa jumlah mereka tak sebanyak tahun lalu, Canex mengaku sebagian dari mereka ada yang mengikuti aksi buruh di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com