Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden SBY Buka "Jakarta International Defence Dialogue"

Kompas.com - 20/03/2013, 11:40 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao membuka acara Jakarta Internasional Defence Dialogue (JIDD) 2013, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (20/3/2013).

Acara itu juga dihadiri para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, menteri pertahanan negara-negara di ASEAN dan Eropa, panglima angkatan bersenjata negara-negara di Asia, serta perwakilan 45 negara.

Acara akan berlangsung hingga Kamis (21/3/2013) besok. Selain dialog, dipamerkan juga peralatan militer. Beberapa topik yang akan dibicarakan dalam dialog antara lain Envolving Threats and Challenges in Asia Pacific, Trouble Water, Maritime Challanges in Asia Pacific, Porous Borders: Sronger Control and Cooperation, and Modern Military: Growing Capability adn Expanding Industry.

Beberapa tokoh yang akan menjadi pembicara, yakni Menteri Koordinator bidang Polhukam Djoko Suyanto, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Menhan Singapura Ng Eng Hen, Menhan Malaysia Ahmad Zahid Hamidi, Menhan Pakistan Syed Naveed Qamar.

JIDD 2013 merupakan forum pembahasan seputar pertahanan dan diplomasi. Pengangkatan isu diplomasi dan pertahanan di wilayah Asia Pasifik dimaksudkan untuk menciptakan lingkungan yang damai, berkarakterkan kerjasama, transparansi, dan kepercayaan diantara institusi pemerintahan maupun militer antar negara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com