Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Degradasi 17 Agustus

Kompas.com - 16/08/2012, 05:59 WIB

SALATIGA, KOMPAS - Dalam suasana menjelang Idul Fitri, masyarakat tetap antusias menyambut hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan RI. Namun, apresiasi warga di Salatiga, Jawa Tengah, terhadap nilai proklamasi terdegradasi karena kecewa dengan lambannya perbaikan sarana jalan.

Sebagian warga di Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah, enggan mengibarkan bendera Merah-Putih menjelang Hari Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus mendatang. Mereka menuntut Pemerintah Kota Salatiga memperbaiki jalan sepanjang 1 kilometer yang rusak empat tahun terakhir.

”Bukannya kami tidak nasionalis. Kami tetap akan merayakan 17 Agustus setelah Lebaran. Tetapi ini sebagai simbol kekecewaan saja agar pemerintah mau memperhatikan daerah kami,” ujar Ngatimin (42), warga setempat.

Jalan itu berlubang. Lapisan aspalnya sudah mengelupas. Debu beterbangan dan mengganggu kenyamanan warga. Jalan itu merupakan jalur alternatif antara Kota Salatiga dan Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Jalan itu melalui satu rukun warga (RW) di Dusun Belon yang dihuni oleh 87 keluarga.

Berdasarkan pantauan, di sepanjang jalan itu, tidak ada satu pun bendera atau umbul-umbul terpasang di depan rumah warga. Padahal, dusun sekitar sudah meriah dengan umbul-umbul warna warni dan bendera Merah Putih.

Kepala Dinas Bina Marga dan Pengelolaan Sumber Daya Air Kota Salatiga Agung Hendratmiko mengatakan, Pemkot Salatiga telah menganggarkan Rp 205 juta untuk perbaikan jalan tersebut. ”Pembangunan fisik akan dimulai setelah Lebaran,” kata Agung.

Wali Kota Salatiga Yuliyanto meminta warga untuk memasang bendera. Dia menjamin jalan segera dibangun setelah Lebaran.

Pergelaran seni-budaya

Suasana semarak ditemukan di Kabupaten Manggarai Barat dan Ende, di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Warga memeriahkan HUT Ke-67 Kemerdekaan RI dengan pergelaran seni-budaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com