Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selasa Depan, Angela Merkel Kunjungi MK

Kompas.com - 06/07/2012, 15:44 WIB
Aditya Revianur

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kanselir Jerman Angela Merkel dijadwalkan akan bertamu ke Mahkamah Konstitusi pada Selasa (10/7/2012).  "Selasa mendatang, Angela Merkel akan berkunjung ke MK dan disambut oleh Pak Mahfud (Ketua MK). Kunjungan sekitar sejam di MK tersebut akan membicarakan masalah isu penegakan hukum, demokrasi, dan peran MK," ujar Andhini, Staf Humas Media Centre Mahkamah Konstitusi di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (6/7/2012).

Menurut Andhini, pertemuan dengan Merkel memiliki arti penting dalam menjembatani supremasi hukum dan demokrasi di Indonesia. Selain itu, antara Mahkamah Konstitusi (MK) Jerman dan Indonesia, menurut dia, memiliki hubungan yang baik karena kedua lembaga ini memiliki peran konstitusional yang vital di negara masing-masing.

Delegasi Jerman yang mengikuti pertemuan bilateral dengan MK Republik Indonesia sebanyak 11 orang yang akan diterima langsung oleh jajaran petinggi MK. "Dari 11 orang dilegasi Jerman tersebut termasuk Kanselir Jerman Angela Merkel dan lima orang dari Bundestag (Dewan Perwakilan Rakyat Jerman)," tuturnya.

Angela Merkel dijadwalkan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 10-11 Juli 2012. Agenda Kanselir Jerman tersebut selama di Indonesia adalah melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, mengunjungi MK; Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika; Masjid Istiqlal, Gereja Immanuel, dan Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com