Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

31 Genset, 15 Motor dan 1 Mobil untuk e-KTP

Kompas.com - 14/12/2011, 17:14 WIB
Syamsul Hadi

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com- Agar pelaksanaan e-KTP yang akan dilaksanakan mulai tahun depan berjalan lancar dan sukses, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jember membutuhkan 15 sepeda motor untuk operasional petugas operator. Untuk itu, perlu pengajuan anggaran sebesar Rp 200 juta kepada DPRD Jember melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Jember tahun 2012.

"Ini belum termasukl genset untuk mendukung kemampuan alat pemotretan maupun proses pembuatan E-KTP di 31 kecaatan," kata Isman Sutomo, Palaksana Tugas Kepala Dispenduk Capil Jember, Jember, jawa Timur, Rabu (14/12)/2011.

Setiap satu sepeda motor akan dipakai petugas operator untuk verifikasi data dan sekaligus melakukan pemantauan pelaksanaan E-KTP bagi dua kecamatan. Sedang kendaraan roda empat dibutuhkan untuk pendistribusian data dasar yang selalu bergerak dinamis.

Ketua Komisi A DPRD Jember Mohammad Jufri adi menganggap permintaan untuk 15 kendaraan roda dua dan satu unit kendaraan roda empat senilai Rp 227 juta sangat berlebihan.

Untuk kendaraan rodak dua cukup 10 unit saja untuk membantu kelanxaran program e-KTP. Sebagian perangkan untuk pembuatan e-KTP yang didapat dari pemerintah pusat secara berangsur-angsur sudah terpasang pada sejumlah kecamatan.

"Agar daya listrik di kantor kecamatan untuk pemrosesan e-KTP cukup, Dispenduk Capil menyediakan untuk 31 kecamatan," kata Isman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com