Soal Jero Wacik dan Ekonomi Kreatif, Perlu Penjelasan

Kompas.com - 19/10/2011, 10:37 WIB
Penulis Ary Wibowo
|
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan Romahurmuziy meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjelaskan terkait penempatan beberapa menteri di pos-pos tertentu pasca-pengumuman hasil perombakan, Selasa (18/10/2011). Ia menilai, masih ada catatan-catatan tertentu pada beberapa pos kementerian yang menjadi pertanyaan publik.

"Kalau bicara soal kapasitas, sebenarnya kabinet ini memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Namun, ada catatan-catatan secara khusus pada beberapa pos kementerian yang perlu dikritisi," ujar Romahurmuziy kepada Kompas.com, di Jakarta, Rabu (19/10/2011).

Politisi yang akrab dipanggil Romy ini menuturkan, salah satu penempatan menteri di pos kementerian yang patut dijelaskan adalah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang diisi Jero Wacik, menggantikan Darwin Zahedy Saleh.

Menurut Romy, meskipun Jero Wacik merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung jurusan Mesin, ia menilai hal tersebut tidak cukup untuk mengemban tugas sebagai Menteri ESDM.

"Perlu diperhatikan latar belakang profesionalitasnya apa? Presiden perlu memberikan penjelasan tentang ini agar kepercayaan masyarakat justru tidak menurun karena kita tahu ketika nama tersebut santer diisukan, juga muncul penolakan-penolakan," kata Romy.

Ditambahkan Romy, perubahan nama pos Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata menjadi Kementerian Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif juga perlu dijelaskan oleh Presiden.

"Harus dijelaskan agar pergantian menteri dan kementerian ini justru tidak menjadi pertanyaan publik, terkait dengan efektivitas kinerjanya," kata Romy.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X