Divonis 12 Tahun, Haposan Ajukan PK

Kompas.com - 24/08/2011, 14:34 WIB
EditorRobert Adhi Kusumaputra

JAKARTA, KOMPAS.com — Haposan Hutagalung, mantan penasihat hukum Gayus Tambunan, mengajukan Peninjauan Kembali atas putusan Mahkamah Agung yang memvonisnya 12 tahun penjara.

Tim penasihat hukum Haposan menilai, putusan MA tersebut mengandung kekeliruan dan tidak mencerminkan rasa keadilan. "Putusan Mahkamah Agung yang memperberat hukuman Haposan Hutagalung menjadi 12 tahun penjara dan denda Rp 500 juta adalah putusan yang tidak masuk akal," ujar Jhon SE Panggabean, koordinator tim penasihat hukum Haposan, Rabu (24/8/2011) di Jakarta.

Menurut Panggabean, berdasarkan fakta-fakta di pengadilan, tidak terbukti Haposan Hutagalung mencegah, merintangi, atau menggagalkan secara langsung atau tidak langsung penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di sidang pengadilan, sebagaimana diatur dalam Pasal 21 UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan korupsi.

Tentang pemberian uang oleh Haposan Hutagalung kepada M Arafat Enanie juga tidak ada bukti, kecuali pengakuan Arafat dalam BAP yang kemudian dicabut dalam persidangan.

"Kesalahan penerapan hukum oleh Pengadilan Tinggi DKI Jakarta dan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan telah kami utarakan dalam memori banding dan memori kasasi, namun sama sekali tidak dipertimbangkan," kata Panggabean.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.