Nazaruddin Dipulangkan dengan Cara Deportasi

Kompas.com - 09/08/2011, 13:16 WIB
EditorHeru Margianto

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar mengatakan, lebih efektif jika Muhammad Nazaruddin, tersangka kasus dugaan suap wisma atlet, dipulangkan ke Tanah Air melalui jalur deportasi.

Kementerian Hukum dan HAM tengah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri terkait pemulangan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu. Hal tersebut disampaikan Patrialis di Kantor Kementrian Hukum dan HAM, Jakarta, Selasa (9/8/2011).

"Yang paling efektif itu dengan sistem deportasi karena Pak Nazaruddin ini pakai paspor orang lain. Dari segi keimigrasian, dideportasi malah lebih efektif dan cepat," kata Patrialis.

Nazaruddin yang tertangkap di Kolombia, Minggu (7/8/2011), menggunakan paspor saudaranya bernama Syarifuddin. Paspor tersebut asli dan dikeluarkan Kantor Imigrasi Polonia, Medan, pada 15 Juni 2008. Menurut Patrialis, ada dua pilihan untuk memulangkan Nazaruddin, yakni melalui jalur deportasi dan ekstradisi.

"Kalau esktradisi, kita dengan Kolombia belum ada perjanjian, tapi hubungan baik kedua negara tentu boleh," ujarnya. Untuk kedua jalur tersebut, lanjutnya, tetap diperlukan koordinasi dengan pihak atase Kolombia. "Jadi, gak bisa semudah itu juga. Itu harus ada pembicaraan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.