Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasdem Sayangkan Sikap Sudrajat

Kompas.com - 18/07/2011, 14:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan PP Ormas Nasional Demokrat Ferry Mursyidan Baldan menyesalkan sikap Ketua Nasdem DPW Jawa Barat Sudradjat yang dinilai mengajak anggota lainnya untuk meninggalkan ormas yang didirikan Surya Paloh itu. Sudradjat mengundurkan diri pada dua minggu silam. Langkah ini diikuti sejumlah anggota lainnya, seperti Ade Sudrajat (wakil ketua), Tjetje Hidayat Padmadinata (Ketua Dewan Pertimbangan), Nana Ma'soem (Ketua Dewan Pakar), hingga pengurus daerah seperti Uum Kasum dari wilayah Priangan Timur, Adang Erawan dari Kota Bandung, dan M Ibra Anwari dari Kabupaten Bandung.

Ferry mengatakan, Sudradjat seharusnya memberikan penjelasan terkait pengunduran dirinya, bukan malah mengajak anggota lainnya untuk meninggalkan Nasdem. Sudradjat, kata Ferry, seolah ingin memberi kesan bahwa Nasdem akan dibubarkan.

Sebelumnya, pada Minggu lalu, Ade mengatakan, alasan pengunduran diri dilatarbelakangi adanya konflik yang terjadi di jajaran pengurus dengan munculnya Partai Nasdem yang dikatakan bernafsu ikut Pemilu 2014. Ferry mengatakan, hal tersebut tak lebih dari tudingan.

"Tidak perlu dalam menjelaskan ke publik tentang alasan mundur sampai membuat tudingan yang tidak pada tempatnya. Jangan sampai terkesan, kita sedang cekcok," kata Ferry.

Kendati demikian, Ferry mengatakan, Nasdem menghormati pilihan yang diambil Sudradjat dan anggota lainnya. Menurutnya, setiap warga negara memiliki hak untuk berserikat dan berkumpul.

"Keluar dan bergabung dengan sebuah ormas adalah hal yang biasa. Hari ini bisa keluar, besok atau lusa bisa bergabung kembali. Harapan kami tentu saja, kita tetap dapat bersilaturahmi dan berinteraksi untuk memajukan negeri melalui kemajuan Jabar, meski dalam wadah yang berbeda. Ada kalanya kita bersama dalam organisasi, adakalanya kita bisa berbeda. Yang tidak bleh berubah adalah kita tetap dalam cita-cita yang sama untuk memajukan masyarakat dan negeri tercinta," kata Ferry.

Dalam konteks keorganisasian, kata Ferry, Pengurus Pusat ormas Nasional Demokrat telah mengangkat Prof. Dr Soleh Solehudin sebagai Plt Ketua PW Jawa Barat pada 7 Juli 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com