Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pola Insiden Kekerasan Massa

Kompas.com - 10/02/2011, 02:48 WIB

Jakarta, Kompas - Beberapa insiden kekerasan yang dilakukan kelompok massa kepada kelompok minoritas tampak sistematis dan berpola. Keganjilan lain ialah pembiaran oleh aparat penegak hukum atas tindakan main hakim sendiri tersebut.

Demikian diungkapkan Ketua Presidium Ikatan Sarjana Katolik Indonesia Muliawan Margadana, Rabu (9/2), yang menyampaikan pernyataan bersama tokoh lintas agama di Jakarta. Kekerasan yang terjadi sistematis, polanya jelas, dan berjalan terus tanpa upaya tegas penegak hukum.

Franz Magnis-Suseno menambahkan, mengherankan apabila kejadian ini spontan. Namun, kalau ada yang mendalangi, semestinya aparat tidak sulit menemukannya.

Untuk kejadian ini, kata Magnis, semestinya pemerintah menarik garis tegas terhadap kekerasan apa pun. Pelaku atau orang yang mengajak melakukan kekerasan harus ditangkap.

Muliawan juga meminta pemerintah tak bermain-main dan serius menangani insiden kekerasan terhadap warga negara ini. Penegakan hukum yang tegas diperlukan. Itu karena kasus ini tak hanya melukai bangsa, tetapi juga mengganggu citra Indonesia di dunia usaha internasional.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar menegaskan bahwa tidak seorang pun boleh dianiaya, apalagi dibunuh, kendati dianggap sesat. Kekerasan tersebut justru mempermalukan Islam.

Dalam pernyataan bersama di kantor PKB itu, hadir pula aktivis hak asasi manusia (HAM), Siti Musdah Mulia. Musdah menegaskan, jihad sesungguhnya adalah mempertahankan Indonesia sampai titik darah penghabisan, bukan menyakiti umat lain.

Pemerintah membiarkan

Secara terpisah, di Jakarta, jaringan tokoh muda lintas organisasi dan lintas agama Indonesia menilai pemerintah telah membiarkan terjadi kekerasan yang merenggut nyawa warga negara dan merusak tempat ibadah akhir-akhir ini. Hal itu merupakan kejahatan karena merenggut hak hidup dan kebebasan beragama di Indonesia.

Pernyataan tersebut dikeluarkan sebagai reaksi atas penyerangan terhadap jemaah Ahmadiyah di Pandeglang, Minggu, serta kerusuhan dan pembakaran gereja di Temanggung pada Selasa lalu. Menurut Yudi Latif, dalam kasus Ahmadiyah, gejolak dan tanda kerusuhan sudah terdeteksi dan aparat sudah mengetahui itu beberapa hari sebelumnya. Sejumlah polisi juga datang ke lokasi kejadian. Namun, aparat tidak sungguh-sungguh mencegah, hanya melihat, bahkan sebagian malah menghindar saat ada penyerbuan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com