Lokasi Perundingan di Kinabalu Dipertanyakan

Kompas.com - 31/08/2010, 23:02 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi I DPR RI sempat mempertanyakan mengapa perundingan RI-Malaysia pada 6 September mendatang dilangsungkan di Kinabalu, Malaysia. Perundingan yang dipimpin kedua menteri luar negeri tersebut membahas soal perbatasan Indonesia-Malaysia yang tengah marak dibicarakan.

Menanggapi hal ini, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan, pihaknya tak menemukan masalah soal tempat perundingan. Penentuan lokasi di Kinabalu merupakan kewenangan Malaysia, yang menjadi tuan rumah dalam acara joint ministerial commissions mendatang. Sebelumnya, acara serupa digelar di Yogyakarta.

"Jadi, dalam praktik diplomasi, itu sifatnya saling bertukar tempat," kata Marty pada rapat kerja di Komisi I DPR RI, Jakarta, Selasa (31/8/2010). Ditambahkan Marty, dirinya tetap yakin delegasi Indonesia mampu menyuarakan kepentingan Indonesia dengan penuh kelugasan, di mana pun lokasi perundingannya.

Marty juga mengatakan, negara-negara ASEAN turut prihatin melihat Indonesia terlibat dalam situasi konflik. "Indonesia selama ini dipandang negara ASEAN sebagai negara yang menengahi konflik antara mereka, apakah Thailand-Kamboja dan Thailand-Laos. Mereka prihatin. Mereka tidak ingin melihat Indonesia mereduksi peranannya selama ini sebagai pihak yang bisa memayungi semua negara ASEAN," kata Marty.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.