Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cikeas Terbelah Seperti Keluarga Gus Dur

Kompas.com - 16/05/2010, 18:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Achmad Mubarok, mengakui keluarga Cikeas masih terbelah dalam menyikapi persaingan Anas Urbaningrum maupun Andi Alfian Mallarangeng. 

Mubarok pun mengibaratkan sikap keluarga Cikeas, maksudnya keluarga bos partainya, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, sebagaimana sikap keluarga mantan bos Partai Kebangkitan Bangsa, almarhum KH Abdurrahman Wahid dulu.

"Ada yang cenderung ke Anas. Ada yang cenderung ke Andi. Ini sama seperti keluarga Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Gus Dur dulu ke PKB, Gus Solah tetap di PBN. Di Cikeas juga seperti itu. Tapi, sampai sekarang ya Pak SBY cuma senyum- senyum saja," ujar Mubarok di sela acara orasi Anas Urbaningrum di Jakarta, Minggu (16/5/2010).

Mubarok meyakini, hingga kongres berlangung, SBY sebagai Ketua Dewan Pembina PD akan tetap mengedepankan netralitas, tidak akan menunjukkan dukungan kepada calon siapapun. Meskipun, lanjut Mubarok, putranya, Edi Baskoro atau Ibas, mendukung Andi Mallarangeng.

Sementara, Anas mengaku berprasangka baik ketika ditanya soal terpilihan Ibas menjadi steering committe, posisi yang cukup menentukan dalam perhelatan konges partai itu di Bandung, 21-23 Mei ini.

"Yang jelas, kami cenderung memilih berprasangka baik dengan seluruh perangkat kongres, apakah itu steering committee, organizing committee, dan lainnya," kata Anas Urbaningrum.

Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam asal Blitar, Jawa Timur itu menambahkan, "Bagi kami, semuanya akan bekerja berdasarkan sistem, mekanisme dan niat yang baik."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com