Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zivanna Rebut Mahkota Puteri Indonesia

Kompas.com - 16/08/2008, 00:14 WIB

JAKARTA, JUMAT - Riuh tepuk, tiupan terompet, dan teriakan penonton mengiringi penobatan Zivanna Letisha S sebagai Puteri Indonesia 2008 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jumat (15/8) malam. Gelar ini ditandai dengan penyerahan mahkota oleh Puteri Indonesia 2007, Putri Raemawasti yang didampingi Miss Universe 2008, Dayana Mendoza. Zivanna yang adalah finalis DKI 6 berhasil menyisihkan 37 finalis lainnya yang ikut serta dalam Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2008.

Dengan gelar tersebut Zivanna bakal mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2009. Dia juga berhak atas sejumlah hadiah yang telah disiapkan Yayasan Puteri Indonesia (YPI) bersama para sponsor.

Sedangkan finalis asal Bali Ayu Diandra Sari yang menjadi runner up I akan mewakili Indonesia di ajang Miss Internasional 2009. Dan runner II yang diraih Anggi Mahesti membawa dara asal Daerah Istimewa Yogyakarta ini ke ajang Miss Asia Pasific 2009.

Putri K Wardani, pembina YPI, mengatakan PPI 2008 sedikit berbeda dengan sebelumnya. Tahun ini, sejumlah finalis berkesempatan mendapatkan beasiswa menuju jenjang pascasarjana (S2) dari program pascasarjana ilmu manajemen UI (PPIM-UI).

Beasiswa khususnya akan diraih finalis yang dinobatkan sebagai Puteri Intelegensia I, Puteri Intelegensia II, dan Puteri Intelegensia III.

"YPI berupaya untuk peka terhadap kebutuhan aktual dan kondisi bangsa ini, dimana kaderisasi calon pemimpin merupakan sebuah kelangkaan, dan kami ingin menjembatani hal itu," kata Putri dalam sambutannya di Plenary Hall, JCC, Jumat (15/8) malam.

PPI 2008 digelar dengan mengambil tema Pancarkan Cantikmu Melalui Karya bagi Negeri dan Pelestarian Persada Nusantara.

Harapan serupa diungkapkan Menteri Pemberdayaan Perempuan Meutia Hatta dan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik di kesempatan berbeda. Meutia berharap PPI mampu mengangkat derajat perempuan.

Sedangkan Jero Wacik berpesan agar Juara PPI 2008 yang bakal ikut serta ke ajang internasional bisa turut menunjukkan kalau Indonesia adalah bangsa yang berbudaya.

Saat Malam Grand Final PPI 2008 tadi malam, para finalis tampil memukau dengan menggunakan rancangan karya anak bangsa, seperti cocktail dress dari Allure saat opening untuk mengangkat citra batik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com