Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan-jalan Sambil Belajar Berwiraswasta

Kompas.com - 12/07/2008, 09:48 WIB

APABILA Anda berkunjung ke Kota Serang, Banten, tidak lengkap rasanya bila tak menyempatkan diri singgah ke Kampus Sekolah Tinggi Perikanan di dekat Pelabuhan Karangantu. Selain pemandangan pantai pasir putih dan hutan bakau, pengunjung juga bisa menimba ilmu tentang perikanan.

Lokasi wisata pendidikan itu memang tak seperti tempat wisata pada umumnya karena yang menjadi obyeknya adalah sebuah areal Kampus Sekolah Tinggi Perikanan (STP), yang terletak tepat di tepi Pantai Karangantu.

Sepintas areal kampus itu memang terlihat tertutup karena ada pos penjagaan di pintu masuk kampus, padahal kampus itu terbuka untuk umum. Siapa pun bisa masuk asal meminta izin di pos penjagaan.

Tak heran jika setiap hari, ada saja warga yang berlalu lalang masuk areal kampus. Seperti yang terlihat di satu siang pekan lalu, segerombolan anak remaja berjalan menyusuri kampus menuju pantai pasir putih yang berada di sebelah utara.

Pantai ini memang sengaja ditata agar bisa menarik pengunjung sekaligus menghindari abrasi. Selain pemandangan pantai pasir putih yang bersih, pesona lain yang bisa dinikmati adalah hamparan terumbu karang.

Jika tertarik, pengunjung bisa meminta petugas pengarah untuk berkeliling Teluk Banten dengan menggunakan perahu. Tak perlu mengeluarkan ongkos mahal karena wisatawan hanya diminta mengganti biaya bahan bakar untuk berkeliling di lokasi bekas bandar besar pada zaman Kesultanan Banten.

Perjalanan keliling Teluk Banten tak akan lengkap bila tidak menyempatkan diri singgah di pulau-pulau kecil di sekitar Teluk Banten. Misalnya, Pulau Lima, Pulau Pisang, atau pulau lain yang berpenghuni seperti Pulau Panjang dan Pulau Tunda.

Perjalanan akan semakin seru bila wisatawan menyempatkan diri memancing di tengah laut. Para wisatawan bisa juga menyelam untuk melihat dari dekat pemandangan bawah laut.

Oleh-oleh ilmu

Apabila tidak sempat berkeliling Teluk Banten, berjalan berkeliling kampus pun sudah cukup menarik. Perjalanan akan dimulai dari laboratorium pembenihan atau hatchery laboratorium. Di sini pengunjung bisa melihat proses pembenihan berbagai jenis ikan seperti lele dan nila serta berbagai jenis udang dan ikan hias. Banyak juga jenis ikan yang jarang dilihat seperti udang biru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com