Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perokok Gaul, Stop Sebelum Kecanduan!

Kompas.com - 05/06/2008, 11:00 WIB

DI ANTARA pria atau wanita perokok ada yang disebut perokok gaul. Siapakah mereka dan apakah anda  juga termasuk di antara mereka?   

Seseorang  pantas disebut  perokok gaul  bila ia sebenarnya bukanlah perokok, tetapi sesekali waktu ia  melakukannya. Anda misalnya terpaksa menyulut sebatang rokok ketika rekan bisnis Anda mengundang kumpul-kumpul, yang pada akhirnya membuat Anda mengalah untuk satu alasan; demi pergaulan.

Apa yang harus Anda lakukan?
Segeralah berhenti! Jangan mengorbankan kesehatan demi pergaulan . “Butuh waktu sekurangnya 4 tahun bagi tubuh Anda untuk mengeluarkan ‘pigmen perokok’,” kata dr. Agnes Hurter, spesialis paru-paru asal Cape Town. Itu adalah tar yang terakumulasi hanya dari satu batang rokok. Hurter mengatakan, ambang batas yang berpotensi menyebabkan kerusakan paru-paru secara permanen adalah sebungkus rokok sehari selama 15 tahun.

Mengapa berhenti?
"Begitu seseorang menginjak usia 30, ia perlahan akan mulai kehilangan fungsi paru-parunya. Dan jika Anda menghisap beberapa batang rokok saja sehari, sama saja Anda memperburuk proses perusakan tersebut, dan akhirnya malah menjadi pecandu. Jika Anda tidak dapat menghentikan kebiasaan ini, bahkan hingga ingin menyulutnya saat di meja kerja, maka Anda sedang dalam masalah," papar Hurter.

Sumber : Men's Health

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com