Salin Artikel

Asops KSAL: Pertahanan Efektif di IKN Butuh Sistem Pertahanan yang Terintegrasi

"Strategi pertahanan yang efektif di IKN membutuhkan pembentukan sistem pertahanan yang terintegrasi dengan baik," ujar Yayan dalam siaran pers, Rabu (3/4/2024).

Menurut Yayan, sistem pertahanan yang terintegrasi tersebut mencakup koordinasi antara lembaga keamanan, intelijen, dan pemerintah lokal dalam menanggapi ancaman potensial dengan cepat dan efisien.

Krusialnya strategi pertahanan yang efektif di IKN, kata Yayan, karena pertahanan menjadi pilar utama dalam pembangunan IKN, yang salah satu tujuannya adalah penanganan berbagai ancaman potensial.

"Analisis tersebut tidak hanya mencakup serangan terorisme yang dapat mengganggu ketertiban umum, tetapi juga pemberontakan yang mengancam stabilitas politik dan keamanan nasional, serta bencana alam yang dapat menimbulkan kerugian besar bagi penduduk dan infrastruktur," ungkap dia.

Selain itu, pengembangan kapasitas pertahanan juga dinilai menjadi bagian krusial dalam memperkuat kemampuan IKN dalam menghadapi berbagai ancaman.

Hal ini meliputi pelatihan dan persenjataan pasukan keamanan, serta peningkatan kemampuan teknologi untuk mendeteksi, mencegah, dan merespons ancaman dengan lebih efektif.

Menurutnya, pembinaan kesadaran dan kesiapan masyarakat juga menjadi aspek penting dalam strategi pertahanan IKN, dengan mengedukasi warga tentang tindakan pengamanan yang perlu dilakukan dalam situasi darurat atau konflik.

"Tidak kalah pentingnya adalah infrastruktur pertahanan yang memadai di IKN," katanya.

Yayan menambahkan, pembangunan bunker, sistem komunikasi yang handal, dan fasilitas logistik yang efisien menjadi elemen kunci dalam memastikan bahwa IKN memiliki kemampuan untuk bertahan dan beroperasi dalam kondisi darurat atau konflik.

"Dengan memperkuat aspek pertahanan ini secara menyeluruh, IKN dapat lebih siap menghadapi berbagai tantangan yang mungkin timbul dan menjaga kedaulatan serta keamanan nasional dengan lebih efektif," imbuh dia.

https://nasional.kompas.com/read/2024/04/04/03000021/asops-ksal-pertahanan-efektif-di-ikn-butuh-sistem-pertahanan-yang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke