Salin Artikel

Mahfud Janji Tak Naikkan Pajak untuk Hapus Utang

"Kalau saya ditanya apakah untuk menghilangkan hutang ini pemerintahan Ganjar dan Mahfud mau menaikkan pajak? Tidak, karena pajak itu akan membebani rakyat," kata Mahfud dalam acara Tabrak Prof! di Posbloc, Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Mahfud menilai, aturan perpajakan di Indonesia saat ini sudah baik hanya perlu penegakan hukum saja agar tidak diwarnai kasus korupsi.

Ia juga mengingatkan bahwa utang bukanlah sebuah masalah selama angkanya seimbang dibandingkan pendapatan negara yang dihasilkan.

"Kalau naik terus utangnya tidak apa-apa asal pemasukannya dari utang itu seimbang, asal tidak juga dikorupsi karena selalu saja korupsi ini menjadi penyakit di mana-mana," kata Mahfud.

Meski tidak menaikkan utang, Mahfud menilai tak ratio atau kemampuan negara menarik pajak dari mereka yang wajib bayar pajak tapi belum terjangkau.

Ia menyebutkan, tax ratio saat ini yang berada di angka 10,5 persen sebenarnya mampu menutupi 82 persen kebutuhan APBN.

"Kalau pajak kita tax ratio-nya bisa disamakan sama Malaysia, Thailand, sampai14-15 persen saja, maka kesleuruhan APBN kita sebenarnya sudah ditutup, bisa ditutup seluruhnya dari pajak bahkan bisa lebih," kata dia.

https://nasional.kompas.com/read/2024/02/08/07533861/mahfud-janji-tak-naikkan-pajak-untuk-hapus-utang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke