Salin Artikel

TGB: Pemilu Kita Ini Sudah Babak Belur

TGB mengatakan hal itu karena berkaca pada dinamika politik belakangan yang membuat beberapa pejabat publik di instansi penting, yakni Mahkamah Konstitusi (MK) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tersangkut pelanggaran etik.

"Uppercut pertama itu adalah keputusan MKMK (Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi) memberhentikan Ketua MK karena pelanggaran etika berat," kata TGB di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jalan Cemara, Jakarta Pusat, Selasa (6/2/2024).

"Lalu, yang kedua itu kemarin kita baca, keputusan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) untuk memberikan peringatan terakhir ya, bukan hanya kepada Ketua KPU tapi juga bahkan kepada para Komisioner KPU diberikan peringatan, karena ada pelanggaran etika juga. Nah jadi ini pemilu kita ini sudah babak belur ya. Kalau kita bicara dalam tatanan nilai," ujarnya lagi.

Oleh karena itu, TGB mengajak semua pihak menyelamatkan Pemilu 2024 yang tinggal tersisa beberapa hari lagi menuju pencoblosan.

Menurut dia, cara-cara menyelamatkan itu sudah mulai terlihat melalui dinamika beberapa waktu terakhir. Misalnya, pernyataan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri yang mengingatkan aparat penegak hukum seperti TNI/Polri untuk menghentikan intimidasi terhadap rakyat.

"Karena itu, kami terus terang menyayangkan kalau ada pihak-pihak yang menganggap statement Ibu Megawati itu ada bahasanya itu ocehan-ocehan. Kemudian, suara-suara dari kampus yang disuarakan oleh para guru besar yang sangat kredibel itu dianggap diorkestrasi, itu kami sangat menyayangkan," kata TGB.

Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo ini lantas mengajak semua pihak untuk menghentikan segala bentuk intimidasi demi menyelamatkan Pemilu.

"Ini kami suarakan terus menerus, sebenarnya bukan hanya untuk kepentingan Ganjar-Mahfud, ya tapi untuk kepentingan kita sebagai suatu bangsa," ujarnya.

"Masa iya, anggaran pemilu yang Rp 70 triliun lebih itu ternyata prosedurnya secara formal saja dilewati, tetapi ada hal-hal substansial yang tertinggal," kata TGB melanjutkan.

https://nasional.kompas.com/read/2024/02/06/20114721/tgb-pemilu-kita-ini-sudah-babak-belur

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke