Salin Artikel

Kampanye di Kalbar, Ganjar Janji Bikin Infrastruktur demi Petani dan Pekebun

KUBU RAYA, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berjanji membangun infrastruktur antardesa dan antarkabupaten saat berkampanye di Desa Lingga, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rabu (31/1/2024).

Menurut Ganjar, infrastruktur diperlukan demi mengangkat harkat dan martabat para petani dan pekebun yang selama ini mengeluhkan stabilitas harga hasil tani dan kebunnya.

"Betapa pentingnya infrastruktur di level desa dan di wilayah pertanian perkebunan kita, itulah infrastruktur yang mesti menjadi perhatian kita hari ini agar petani, pekebun, semuanya punya harkat dan martabat yang baik sehingga produksinya mendapatkan harga terbaik," kata Ganjar, Rabu siang.

Ganjar mengaku mendapat banyak keluhan dari petani sawit dan karet mengenai harga komoditas mereka yang tidak stabil di pasaran.

Salah satu penyebabnya adalah ongkos transportasi yang mahal sehingga harga komoditas dapat melambung tinggi dan tidak diminati oleh pasar.

Oleh karena itu, ia menilai infrastruktur yang menghubungkan desa-desa dan kabupaten-kabupaten penting demi menekan ongkos transportasi dan berpengaruhi ke stabilitas harga

"Satu, jalannya baik, dua, transportasinya akan murah, maka yang ketiga harga itu akan mendapatkan tempat yang terhormat. Sehingga petani sawit, petani karet akan mendapatkan harga yang baik, biarkan PR itu Ganjar-Mahfud dan tim insya Allah yang akan menyelesaikannya," ujar Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini menambahkan, infrastruktur antardesa juga penting demi memeratakan pertumbuhan ekonomi hingga level desa.

Harapannya, anak-anak muda di desa tidak perlu pergi ke kota untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

"Selama ini kalau tolnya sudah dibuat, oke, tata kota sudah dibangun, oke. Maka, ketika kita ingin menciptakan lebih banyak pekerjaan agar ekonomi lebih baik, agar anak-anak muda dapat pekerjaan, mari kita ciptakan pertumbuhan ekonomi baru di desa-desa," kata Ganjar.

https://nasional.kompas.com/read/2024/01/31/16402521/kampanye-di-kalbar-ganjar-janji-bikin-infrastruktur-demi-petani-dan-pekebun

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke