Salin Artikel

PDI-P Tak Masalah Jokowi Lawatan ke Luar Negeri Saat Ulang Tahun Partai

JAKARTA, KOMPAS.com- Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat menyatakan, partainya tidak masalah apabila Presiden Joko Widodo melakukan lawatan ke luar negeri saat PDI-P memperingati ulang tahun ke-51 pada Rabu (10/1/2024) mendatang.

"Tidak ada masalah, karena beliau melaksanakan tugas-tugas kenegaraan," kata Djarot kepada Kompas.com, Sabtu (6/1/2024).

Djarot menjelaskan, peringatan ulang tahun ke-51 PDI-P akan digelar secara sederhana di semua kantor dewan pimpinan cabang dan pengurus anak cabang se-Indonesia.

Ia menuturkan, peringatan hari ulang tahun PDI-P di masing-masing daerah akan dihadiri oleh tiga pilar partai, senior partai, dan tokoh masyarakat setempat.

Acara akan diisi dengan mendengarkan pidato Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri secara daring dilanjutkan dengan doa dan pemotongan tumpeng.

"Sebagai partainya wong cilik peringatan akan diadakan bersama rakyat di semua wilayah," kata Djarot.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi dijadwalkan melawat ke sejumlah negara anggota ASEAN pada pekan depan.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengungkapkan, ada potensi Jokowi tengah berada di luar negeri ketika PDI-P memperingati hari ulang tahun pada Rabu pekan depan.

"Ada rencana memang kunjungan ke luar negeri tetapi kepastiannya masih nanti saya update ke teman-teman. Ada rencana ke beberapa negara di (kawasan) ASEAN," ujar Ari di Gedung Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta, Jumat (5/1/2024).

Ari membantah anggapan bahwa kunjungan kerja itu dilakoni Jokowi guna menghindar dari peringatan hari ulang tahun PDI-P.

Sebab, rencana kunjungan kerja Presiden Jokowi baik di dalam dan luar negeri sudah diatur sebelumnya.

"Enggak lah. Pasti sudah ada rencana yang sudah diatur. Kita ucapkan selamat ulang tahun ya," tambah Ari.

https://nasional.kompas.com/read/2024/01/06/12301351/pdi-p-tak-masalah-jokowi-lawatan-ke-luar-negeri-saat-ulang-tahun-partai

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke