Salin Artikel

Cegah Pekerja Migran Alami Masalah, Ganjar Usul Sekolah Vokasi Ditambah

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakal calon presiden (bacapres) PDI-P Ganjar Pranowo menyarankan agar sekolah vokasi atau kejuruan ditambah untuk mencegah terjadinya masalah di lingkungan pekerja migran Indonesia (PMI).

Hal ini disampaikan di hadapan ribuan PMI yang segera dikirim ke Korea Selatan, dalam acara yang digelar Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Kamis (9/11/2023), di Kelapa Gading, Jakarta.

Saran itu tidak disampaikan tiba-tiba olehnya. Ganjar mulanya bercerita menerima keluhan PMI ilegal yang bekerja di Somalia dan Kamboja.

Suatu ketika, dirinya dihubungi oleh para pekerja itu melalui media sosial Instagram.

"Semua laporannya DM (Direct Message) IG, kalau Allah sudah kasih petunjuk gampang saja. (Padahal) saya waktu itu juga agak jarang buka DM IG, kok pas itu buka. Saya minta nomor hp-nya, saya langsung minta shareloc sekarang jangan lebih dari 5 menit, karena pasti ngebohong," kata Ganjar saat menjadi pembicara di acara tersebut.

"Ternyata betul, yang satu di Kamboja, yang satu di Somalia. Saya zoom gitu oh benar, yang di sana kerja di kapal," sambung dia.

Singkat cerita, Ganjar menghubungi BP2MI agar membantu para pekerja tersebut.

Kepada Ganjar, pihak BP2MI berkenan membantu dan langsung memfasilitasi terlebih dulu agar status mereka berubah dari pekerja migran ilegal menjadi legal.

Adapun cerita ini dialami Ganjar ketika masih menjabat Gubernur Jawa Tengah.

"Kalau itu bisa dilakukan insya Allah bisa berjalan dengan baik," harapnya.

Berkaca cerita tersebut, politikus PDI-P ini menyadari bahwa pekerja migran Indonesia masih mengalami masalah hingga kini.

Di situ lah, Ganjar menyarankan agar sekolah vokasi diperbanyak jumlahnya.

"Ini kita cegah. Kalau kemudian kita siapkan banyak sekali sekolah-sekolah vokasi, terus kemudian kita siapkan kebutuhan Indonesia, kebutuhan luar negeri seperti apa. Maka sebenarnya perencanaan ini akan kita betul-betul seriusi untuk kita kerahkan tenaga kerja kita," pungkas dia.

https://nasional.kompas.com/read/2023/11/09/16431661/cegah-pekerja-migran-alami-masalah-ganjar-usul-sekolah-vokasi-ditambah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke