Salin Artikel

Lewat Fashion Technology, Menaker Ida Unjuk 54 Hasil Karya Peserta Pelatihan BBPVP dan BPVP

KOMPAS.com - Festival Pelatihan Vokasi (FPV) dan Job Fair Nasional 2023 menampilkan kegiatan peragaan busana atau fashion show di booth Fashion Technology di Jakarta International Expo atau Arena JIExpo Kemayoran sejak digelar mulai Jumat (27/10/2023) sampai Minggu (28/10/2023).

Kegiatan yang diinisiasi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) tersebut menarik minat pengunjung, baik laki-laki maupun perempuan. Banyak dari mereka menghentikan langkah saat melihat aksi lenggak-lenggok peragawati profesional dalam peragaan busana yang berlangsung selama 30 menit itu.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, seluruh busana yang diperagakan merupakan hasil karya para peserta pelatihan dari Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Semarang, Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Samarinda, dan BPVP Kendari.

“Kegiatan fashion technology bertujuan sebagai unjuk diri BBPVP dan BPVP,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (28/10/2023).

Menurut Ida, hasil pelatihan menjahit bukan hanya sekedar latihan biasa untuk menghasilkan lulusan yang mampu menjadi pekerja jahit di pabrik garmen.

"Lebih dari itu, hasil pelatihan menjahit juga mampu menghasilkan busana untuk fashion show. Lulusannya juga mampu menjadi seorang desainer busana," katanya.

Ida menjelaskan, pergelaran fashion technology yang digelar selama tiga hari itu memeragakan 54 busana hasil karya peserta pelatihan.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa tiga balai dari Semarang, Samarinda, dan Kendari menampilkan enam busana untuk diperagakan oleh para peragawati setiap harinya.

“Saya berharap lulusan BBPVP selain dapat diserap di industri fashion juga mampu mengambil peran memajukan sektor industri fashion technology di Tanah Air,” imbuh Ida.

Untuk diketahui, BBPVP Semarang pada akhir September 2019 telah mengirimkan dua siswanya, yakni Nasrul Arif dan Hasti Izzatul Ummah untuk berpartisipasi dalam ajang fashion internasional bertajuk "La Mode" Sur La Seine a Paris, Paris, Perancis.

Keduanya terpilih menampilkan koleksi brand Life Needs Colour (LNC) bertema “Arang Kasembadan.”

https://nasional.kompas.com/read/2023/10/28/19144701/lewat-fashion-technology-menaker-ida-unjuk-54-hasil-karya-peserta-pelatihan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke