Salin Artikel

Demokrat Anggap Peluang Gibran Jadi Bacawapres Prabowo Terbuka, tapi...

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Badan Pembina Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi (BPOPKK) Partai Demokrat Herman Khaeron menganggap, kans Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) Prabowo Subianto terbuka.

Sebab, nama Gibran menjadi salah satu dari empat nama yang diunggulkan menjadi bakal RI-2 dari Koalisi Indonesia Maju (KIM).

“Menurut saya, tidak serta-merta pada akhirnya akan muncul beberapa dukungan atas seseorang kalau tidak ada opportunity-nya,” sebut Herman di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (10/10/2023).

Namun, lanjut dia, peluang itu masih menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait gugatan uji materi soal usia cawapres.

“Kalau Mas Gibran mungkin saat ini sangat bergantung pada putusan MK,” tutur dia.

Di sisi lain, Herman menekankan bahwa Demokrat mengembalikan keputusan pada Prabowo.

“Intinya untuk bakal calon wakil presidennya Pak Prabowo diserahkan sepenuhnya pada Pak Prabowo,” imbuh dia.

Diketahui bahwa saat ini Prabowo belum menentukan siapa figur yang akan dipilih untuk mendampinginya menjajaki Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra sebelumnya mengatakan, selain Gibran nama yang berpotensi jadi bacawapres Prabowo adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

https://nasional.kompas.com/read/2023/10/10/16112441/demokrat-anggap-peluang-gibran-jadi-bacawapres-prabowo-terbuka-tapi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke