Salin Artikel

Ditemani Anaknya, PM Kanada Justin Trudeau Tiba di Indonesia

Pesawat yang ditumpangi Trudeau mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, sekitar pukul 11.45 WIB.

Ketika turun dari pesawat, Trudeau disambut oleh Pejabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar. Ia lalu dikalungi sebuah selendang.

Setelah itu, Trudeau disambut oleh jajar kehormatan dan tari tradisional sebelum memasuki mobil dan melanjutkan perjalanan ke tempat brikutnya.

Untuk diketahui, ASEAN memang bakal melakukan pertemuan dengan Kanada dalam rangkaian KTT ke-43 ASEAN yang diselenggarakan di Jakarta pada Selasa (5/9/2023) hingga Rabu (7/9/2023).

Selain dengan Kanada, terdapat sejumlah rangkaian pertemuan lain dalam format plenary dan retreat, yakni KTT ke-26 ASEAN-Tiongkok, KTT ke-24 ASEAN-Korea Selatan, KTT ke-26 ASEAN-Jepang, dan KTT ke-11 ASEAN-Amerika Serikat.

Kemudian, KTT ke-26 ASEAN Plus Three, KTT ke-20 ASEAN-India, KTT ke-3 ASEAN-Australia, KTT ke-18 Asia Timur (EAS), dan KTT ke-13 ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Total, ada 22 negara yang akan hadir dalam rangkaian KTT ini, sebelas di antaranya adalah negara-negara anggota ASEAN, yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Laos, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.

Selanjutnya, ada sembilan negara mitra wicara ASEAN yang akan hadir yakni Korea Selatan, Jepang, India, China, Australia, Selandia Baru, Kanada, Rusia, dan Amerika Serikat.

Sementara itu, diberitakan sebelumnya upacara pembukaan yang digelar Selasa pagi, dihadiri pemimpin dan perwakilan negara-negara peserta KTT ASEAN, yakni Perdana Menteri (PM) Laos Sonexay Siphandone, PM Kamboja Hun Manet, Ketua Delegasi Thailand Sarun Charoensuwan, dan Presiden Filipina Ferdinan Marcos Jr.

Kemudian, PM Singapura Lee Hsien Loong, PM Malaysia Anwar Ibrahim, PM Vietnam Pham Minh Chinh, PM Timor Leste Xanana Gusmao, PM Kepulauan Cook Mark Brown, Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin, dan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah.

https://nasional.kompas.com/read/2023/09/05/12395621/ditemani-anaknya-pm-kanada-justin-trudeau-tiba-di-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke