Salin Artikel

Jayapura Sempat Diguncang Gempa, Kunjungan Jokowi ke Pasar Pharaa Berjalan Lancar

Presiden Jokowi bakal meninjau kegiatan perdagangan di Pasar Pharaa, Kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Menurut keterangan Deputi Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, mengungkapkan, Presiden Jokowi tiba di Pasar Phara sekitar pukul 14.40 WIT.

Di pasar tersebut, Kepala Negara menyapa para pedagang sekaligus memberikan bantuan tunai dan sembako.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya gempa berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang Kabupaten Jayapura pada Jumat siang sekitar pukul 13.25 WIT.

Berdasarkan rekaman video yang dibagikan Bey, kondisi pasar dalam keadaan baik.

Para pedagang pun berada di lapak masing-masing dengan dagangan yang tertata rapi. Tidak tampak adanya dampak gempa di pasar tersebut.

"Saya tanya ke semua rombongan, mulai menteri sampai Paspampres (Pasukan Pengamanan Presiden), semuanya sama enggak ada yang merasakan gempa," kata Bey ketika dikonfirmasi Kompas.com, Jumat.

Bey pun menjelaskan bahwa saat gempa Kepala Negara sedang berada di Kota Jayapura.

"(Gempa) 13.25 WIT berarti saat Presiden dan rombongan sedang makan siang bersama. Di rumah makan yang ada di Jalan Koti, Numbai, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura," ujar Bey.

Bey mengatakan, Presiden makan siang bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, dan Pejabat (Pj) Gubernur Papua.

Saat makan, menurut Bey, Presiden dan rombongan tidak ada yang merasakan gempa.

"Tidak terasa ada gempa, dan saat makan siang tidak ada yang merasakan juga. Kondisi Presiden dalam keadaan baik-baik dan tidak merasakan gempa juga," katanya.

Meski demikian, menurutnya, Paspampres sudah memiliki prosedur standar untuk menghadapi situasi apa pun. Bahkan, jika nantinya terjadi gempa susulan.

"Paspampres pastinya sudah punya SOP (Standard Operating Procedure) dalam menghadapi kondisi apa pun. Saat ini kegiatan masih berjalan normal. Sepanjang jalan aktivitas masyarakat normal," ujar Bey.

Dilansir pemberitaan Tribunnews.com, gempa dengan magnitudo 5,0 mengguncang Kabupaten Jayapura, Papua pada Jumat pukul 11:25:08 WIB atau 13.25.08 WIT.

Pusat gempa berada di 42 kilometer barat laut kabupaten Jayapura Papua dengan kedalaman 28 km. Tapi, gempa disebut tidak berpotensi tsunami.

https://nasional.kompas.com/read/2023/07/07/15134931/jayapura-sempat-diguncang-gempa-kunjungan-jokowi-ke-pasar-pharaa-berjalan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke