Salin Artikel

Satria-1 Meluncur, Mahfud MD: Satelit Internet Pertama Milik Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaksana Tugas Menteri Komunikasi dan Informatika Mahfud MD menyatakan Satelit Republik Indonesia-1 (Satria-1) adalah satelit internet pertama milik Indonesia yang berhasil diluncurkan.

"Ini adalah satelit internet pertama milik Indonesia yang diluncurkan oleh roket Falcon 9 milik Spacex dari landasan Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat," kata Mahfud dalam keterangan pers melalui video, Senin (19/6/2023).

Mahfud mengajak seluruh rakyat Indonesia bersyukur atas kesuksesan peluncuran Satria-1.

Dia mengatakan, Satria-1 sukses meluncur pada pukul 18.21 waktu Florida, AS, atau pukul 05.21 WIB.

"Untuk seluruh rakyat Indonesia saya mengajak kita bersyukur. Alhamdulillah bahwa Satelit Republik Indonesia-1 atau Satria-1 sudah sukses meluncur ke angkasa," ujar Mahfud yang juga menjabat Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Pelaksana Tugas Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo Arief Tri Hardiyanto, mengharapkan agar Satria-1 akan menempati orbit dan beroperasi dengan baik.

Dia mengatakan, satelit Satria-1 akan bergerak menempati orbit pada 146 derajat Bujur Timur yang berada di atas langit Papua.

"Semoga seluruh tahapan berjalan lancar hingga nanti bisa menempati orbit pada bulan November 2023,” kata Arief dikutip dari keterangan pers, Senin.

Arief melanjutkan, selama perjalanan menuju orbit itu diharapkan satelit Satria-1 dalam kondisi baik hingga masa uji coba sebelum digunakan secara menyeluruh.

"Mudah-mudahan semua perangkat yang ada di Satria-1 dapat bekerja dengan baik solar cell dan antenanya. Dan bisa terkendali dari stasiun bumi," ucap Arief.

Satria-1 ditargetkan beroperasi penuh mulai Januari 2024.

Satelit itu merupakan satelit multifungsi pertama milik pemerintah dengan kapasitas terbesar di Asia.

Pemerintah mengharapkan agar peluncuran Satria-1 berhasil dan bisa mendukung akselerasi transformasi digital nasional, terutama buat pemerataan akses internet buat sekolah, rumah sakit, kantor pemerintahan, serta pos TNI-Polri di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal.

https://nasional.kompas.com/read/2023/06/19/11381411/satria-1-meluncur-mahfud-md-satelit-internet-pertama-milik-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke