Salin Artikel

Cegah Kader Saling Sikut di Dapil, Gerindra Ingin Bikin Zona Kampanye Caleg

Sebab, dengan pemilu legislatif (pileg) sistem proporsional daftar calon terbuka, maka partai politik bisa mendaftarkan beberapa caleg sekaligus dalam daerah pemilihan (dapil) yang sama.

Penyusunan zona kampanye ini diharapkan bisa mengurangi fenomena saling sikut sesama kader di dapil untuk merebut suara pemilih.

"DPP Partai Gerindra akan membuat kebijakan, akan dibuat zona kampanye. Jadinya, masing-masing calon akan mendapatkan zona kampanye dengan jumlah TPS (tempat pemungutan suara) yang telah disesuaikan," ujar Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad saat di Stadion Kebon Jeruk, Jakarta, Minggu (18/6/2023).

Dasco menganggap, dengan adanya zona kampanye, para caleg akan mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi anggota legislatif dalam sistem proporsional daftar calon terbuka.

Di setiap zona kampanye, kata Wakil Ketua DPR RI itu, para caleg juga dipersilakan dan diminta untuk mengampanyekan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden untuk Pilpres 2024.

Dasco meminta para caleg kelak tidak perlu "colek kiri-kanan" untuk mendulang suara, melainkan fokus saja terhadap diri sendiri dan Prabowo.

"Para calon bisa berkonsolidasi di zona kampanye masing-masing untuk mengampanyekan diri, terutama untuk mengampanyekan calon presiden kita (Prabowo) tanpa takut bersinggungan dengan kawan seperjuangan di Partai Gerindra," ucap dia.

https://nasional.kompas.com/read/2023/06/18/12334031/cegah-kader-saling-sikut-di-dapil-gerindra-ingin-bikin-zona-kampanye-caleg

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke