Salin Artikel

Dito Ariotedjo Jadi Menpora Usia 32 Tahun, Ini Deretan Menteri Jokowi dari yang Termuda hingga Tertua

JAKARTA, KOMPAS.com - Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo resmi menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) baru di Kabinet Indonesia Maju.

Dito dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4/2023). Ia menggantikan posisi Zainudin Amali yang mundur dari kursi Menpora karena menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Lahir di Jakarta, 25 September 1990, saat ini usia Dito baru 32 tahun. Ini menempatkannya sebagai menteri termuda di pemerintahan Presiden Jokowi, menggeser predikat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim.

Jika Dito Ariotedjo jadi menteri termuda, siapa pembantu presiden yang paling senior? Berikut deretan menteri Jokowi dari yang termuda hingga tertua.

1. Dito Ariotedjo

Meski masih muda, Dito Ariotedjo menempati jabatan strategis di Partai Golkar. Dia sempat dipercaya menjadi Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Bidang Inovasi Sosial dan Ormas.

Kini, Dito menjabat sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Kreativitas dan Inovasi DPP partai berlambang beringin tersebut.

Sebelum jadi Menpora, alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) itu memang aktif di organisasi keolahragaan. Dia kini menjabat sebagai Dewan Penasihat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) masa jabatan 2019-2023.

2. Nadiem Makarim

Sebelum Dito Ariotedjo bergabung ke Kabinet Indonesia Maju, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim menyandang titel menteri termuda.

Lahir di Singapura, 4 Juli 1984, pendiri start up PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau yang lebih dikenal sebagai Gojek itu kini berusia 39 tahun.

3. Bahlil Lahadalia

Menteri Investasi sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia ahir di Banda, Maluku Tengah, 7 Agustus 1976. Mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) tersebut saat ini berusia 46 tahun.

4. Yaqut Cholil Qoumas

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas lahir di Rembang, Jawa Tengah, 4 Januari 1975. Mantan Wakil Bupati Rembang itu kini berusia 48 tahun.

5. Abdullah Azwar Anas

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi, dan Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas lahir di Banyuwangi, Jawa Timur, 6 Agustus 1973. Usia mantan Bupati Banyuwangi tersebut kini 49 tahun.

6. Erick Thohir

Menteri BUMN Erick Thohir saat ini berusia 52 tahun. Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) itu lahir di Jakarta, 30 Mei 1970.

7. Ida Fauziyah

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah lahir di Mojokerto, Jawa Timur, 17 Juli 1969. Mantan anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu berusia 53 tahun.

8. Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno kini berusia 53 tahun. Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut lahir di Pekanbaru, Riau, 28 Juni 1969.

9. Bintang Puspayoga

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga lahir di Denpasar, Bali, 24 November 1968. Usia politikus PDI Perjuangan tersebut kini 54 tahun.

10. Agus Gumiwang

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang saat ini berusia 54 tahun. Mantan Menteri Sosial itu lahir di Jakarta, 3 Januari 1969.

11. Tito Karnavian

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian lahir di Palembang, Sumatera Utara, 20 Oktober 1964. Mantan Kapolri tersebut kini berusia 58 tahun.

12. Budi Gunadi Sadikin

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat ini berusia 58 tahun. Eks Wakil Menteri BUMN itu lahir di Bandung, Jawa Barat, 6 Mei 1964.

13. Hadi Tjahjanto

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Hadi Tjahjanto saat ini berusia 59 tahun. Mantan Panglima TNI itu lahir di Malang, Jawa Timur, 8 November 1963.

14. Teten Masduki

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki lahir di Garut, Jawa Barat, 59 tahun lalu. Bekas Kepala Staf Kepresidenan tersebut lahir pada 6 Mei 1963.

15. Retno Marsudi

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi lahir di Semarang, Jawa Tengah, 27 November 1962. Mantan Duta Besar RI untuk Belanda itu kini berusia 60 tahun.

16. Sakti Wahyu Trenggono

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono lahir di Semarang, Jawa Tengah, 3 November 1962. Usia eks Wakil Menteri Pertahanan itu kini 60 tahun.

17. Airlangga Hartarto

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto lahir di Surabaya, Jawa Timur, 1 Oktober 1962. Usia Ketua Umum Partai Golkar tersebut saat ini 60 tahun.

19. Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat ini berusia 60 tahun. Eks Direktur Pelaksana Bank Dunia itu lahir di Bandar Lampung, Lampung, 26 Agustus 1962.

20. Abdul Halim Iskandar

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar lahir di Jombang, Jawa Timur, 60 tahun lalu. Adik Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar tersebut lahir pada 14 Juli 1962.

21. Pratikno

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno lahir di Bojonegoro, Jawa Timur, 13 Februari 1962. Mantan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) itu kini berusia 61 tahun.

22. Tri Rismaharini

Menteri Sosial Tri Rismaharini lahir di Kediri, Jawa Timur, 20 November 1961. Usia bekas Wali Kota Surabaya itu kini 61 tahun.

23. Mahfud MD

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD saat ini berusia 65 tahun. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut lahir di Sampang, Jawa Timur, 13 Mei 1957.

24. Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi lahir di Palembang, Sumatera Selatan, 66 tahun lalu. Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu lahir pada 18 Desember 1956.

25. Johnny G Plate

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate lahir di Ruteng, Nusa Tenggara Timur (NTT), 10 September 1956. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem tersebut kini berusia 66 tahun.

26. Siti Nurbaya Bakar

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar lahir di Jakarta, 66 tahun lalu. Politikus Partai Nasdem itu lahir di Jakarta, 28 Agustus 1956.

27. Muhadjir Effendy

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat ini berusia 66 tahun. Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut lahir di Madiun, Jawa Timur, 29 Juli 1956.

28. Basuki Hadimuljono

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 5 November 1954. Politikus PDI-P itu kini berusia 68 tahun.

29. Suharso Monoarfa

Menteri Perencanaan Pembangunan sekaligus Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa kini berusia 68 tahun. Eks Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat, 31 Oktober 1954.

30. Syahrul Yasin Limpo

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 16 Maret 1955. Mantan Gubernur Sulawesi Selatan tersebut kini berusia 68 tahun.

31. Arifin Tasrif

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif lahir di Jakarta, 69 tahun lalu. Mantan Duta Besar RI untuk Jepang itu lahir di Jakarta, 19 Juni 1953.

32. Yasonna Laoly

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly kini berusia 69 tahun. Politikus PDI-P tersebut lahir di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, 27 Mei 1953.

33. Prabowo Subianto

Menteri Pertahanan Prabowo Subinato terbilang senior di pemerintahan. Lahir di Jakarta, 17 Oktober 1951, Ketua Umum Partai Gerindra itu kini berusia 71 tahun.

34. Luhut Binsar Pandjaitan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menjadi yang paling senior di Kabinet Indonesia Maju. Berusia 75 tahun, eks Kepala Staf Kepresidenan tersebut lahir di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, 28 September 1947.

https://nasional.kompas.com/read/2023/04/03/17100001/dito-ariotedjo-jadi-menpora-usia-32-tahun-ini-deretan-menteri-jokowi-dari

Terkini Lainnya

Prabowo Pertimbangkan Saran Luhut Jangan Bawa Orang 'Toxic' ke Pemerintahan

Prabowo Pertimbangkan Saran Luhut Jangan Bawa Orang "Toxic" ke Pemerintahan

Nasional
Berkunjung ke Aceh, Anies Sampaikan Salam dari Pimpinan Koalisi Perubahan

Berkunjung ke Aceh, Anies Sampaikan Salam dari Pimpinan Koalisi Perubahan

Nasional
Komnas KIPI: Kalau Saat Ini Ada Kasus TTS, Bukan karena Vaksin Covid-19

Komnas KIPI: Kalau Saat Ini Ada Kasus TTS, Bukan karena Vaksin Covid-19

Nasional
Jika Diduetkan, Anies-Ahok Diprediksi Bakal Menang Pilkada DKI Jakarta 2024

Jika Diduetkan, Anies-Ahok Diprediksi Bakal Menang Pilkada DKI Jakarta 2024

Nasional
Jokowi Perlu Kendaraan Politik Lain Usai Tak Dianggap PDI-P

Jokowi Perlu Kendaraan Politik Lain Usai Tak Dianggap PDI-P

Nasional
Kaesang dan Gibran Dianggap Tak Selamanya Bisa Mengekor Jokowi

Kaesang dan Gibran Dianggap Tak Selamanya Bisa Mengekor Jokowi

Nasional
Hasil Rekapitulasi di Papua Berubah-ubah, KPU Minta MK Hadirkan Ahli Noken

Hasil Rekapitulasi di Papua Berubah-ubah, KPU Minta MK Hadirkan Ahli Noken

Nasional
Tak Dianggap Kader PDI-P, Jokowi dan Keluarga Diprediksi Gabung Golkar

Tak Dianggap Kader PDI-P, Jokowi dan Keluarga Diprediksi Gabung Golkar

Nasional
Prabowo Harap Semua Pihak Rukun meski Beda Pilihan Politik

Prabowo Harap Semua Pihak Rukun meski Beda Pilihan Politik

Nasional
Jokowi Sebut Penyusunan Kabinet Mendatang Hak Prerogatif Prabowo

Jokowi Sebut Penyusunan Kabinet Mendatang Hak Prerogatif Prabowo

Nasional
Temui Warga Aceh Usai Pilpres, Cak Imin Janji Lanjutkan Perjuangan

Temui Warga Aceh Usai Pilpres, Cak Imin Janji Lanjutkan Perjuangan

Nasional
Timnas Akan Hadapi Guinea untuk Bisa Lolos ke Olimpiade, Jokowi: Optimistis Menang

Timnas Akan Hadapi Guinea untuk Bisa Lolos ke Olimpiade, Jokowi: Optimistis Menang

Nasional
KPK Sebut Penyidik Bisa Jemput Paksa Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor

KPK Sebut Penyidik Bisa Jemput Paksa Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor

Nasional
TNI AD Mulai Tanam Padi di Merauke, KSAD: Selama Ini Hasilnya Kurang Baik

TNI AD Mulai Tanam Padi di Merauke, KSAD: Selama Ini Hasilnya Kurang Baik

Nasional
KPK Mengaku Bisa Tangkap Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Kapan Saja

KPK Mengaku Bisa Tangkap Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Kapan Saja

Nasional
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke