Salin Artikel

Tak Kunjung Diangkat Jadi PNS, Ratusan Honorer Klaten Demo di DPR

Aksi itu buntut tak diangkatnya 100 lebih honorer menjadi pegawai negeri sipil (PNS) setelah lulus dalam tes tahun angkatan 2013/2014.

“Bahkan ada beberapa teman kami yang sudah meninggal saat menunggu eksekusi dilaksanakan,” ujar koordinator aksi, Ariyani Sulistiawati pada awak media.

Ia menceritakan, setelah ia dinyatakan lolos tes CPNS, Kepala Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara (BKN) Yogyakarta justru mengeluarkan surat keterangan (SK) yang isinya mengembalikan berkas nota usul tenaga honorer K2.

Alasannya, para honorer terlambat melengkapi berkas usul penetapan NIP CPNS. Padahal, para honorer telah mengumpulkan berbagai berkas sesuai batas waktu yang ditentukan.

Tidak terima, Ariyani dan honorer lain mengajukan gugatan melalui Pengadilam Tata Usaha Negara (PTUN) Yogyakarta.

PTUN Yogyakarta memenangkan gugatan tersebut dan membatalkan SK Kepala BKN Yogyakarta serta meminta BKN Yogyakarta tetap mempross hasil tes CPNS sesuai perundang-undangan yang berlaku.

Ariyani lantas mendesak pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) segera memproses putusan PTUN Yogyakarta.

“Kalau Menpan-RB mengeluarkan formasi, otomatis BKN akan memproses formasi Menpan-RB ini,” ucap dia.

Ia juga meminta Komisi X DPR RI untuk membantu menyuarakan aspirasi para tenaga honorer di Kabupaten Klaten itu.

“Mungkin Komisi X selama ini belum tahu di Klaten ada kasus seperti ini. Kami ke sini, biar beliau tahu, dan membantu kami, karena kami rakyat jelata,” kata dia.

https://nasional.kompas.com/read/2023/03/09/15305021/tak-kunjung-diangkat-jadi-pns-ratusan-honorer-klaten-demo-di-dpr

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke