Salin Artikel

Jokowi dan Iriana Hadiri Pembukaan KTT ASEAN di Kamboja

Dikutip dari siaran pers, Jokowi dan Iriana tiba di lokasi penyelenggaraan KTT sekitar pukul 7.50 waktu setempat disambut Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Dalam acara pembukaan itu, Jokowi juga sempat berfoto bersama dengan para pemimpin negara ASEAN yang hadir di KTT tersebut.

Setelah acara pembukaan, Jokowi dan Iriana beserta para pemimpin negara ASEAN sempat meninjau pameran foto dan peluncuran buku Cambodia’s Contribution to ASEAN.

Selanjutnya, Jokowi akan mengikuti Sidang Pleno KTT ASEAN ke-40 dan sesi Retreat KTT ASEAN ke-41.

Diketahui, rangkaian KTT ASEAN di Kamboja berlangsung sejak Kamis (10/11/2022) kemarin hingga Minggu (13/11/2022).

Sebelum berangkat ke Kamboja, Jokowi menyampaikan bahwa salah satu fokus Indonesia dalam KTT ASEAN tersebut adalah mengenai keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun depan yang kan mengusung tema "ASEAN Matters: Epicentrum of Growth" pada keketuaan ASEAN tahun 2023.

"Intinya Indonesia menginginkan agar ASEAN tetap penting dan relevan atau matters dan Indonesia juga menginginkan Asia Tenggara tetap menjadi epicentrum of growth," ujar Jokowi, Rabu (9/11/2022).

Menurut Jokowi, itu bukanlah tugas mudah karena dunia masih menghadapi tantangan besar pada 2023 dan ASEAN memiliki tantangan internal yakni situasi di Myanmar.

Setelah menjalani rangkaian pertemuan KTT di Phnom Penh, Jokowi akan kembali ke Tanah Air pada 13 November 2022 malam hari dan langsung mengikuti rangkaian KTT G20 di Bali.

"Saya akan tiba di Bali, insya Allah, tanggal 13 November malam dan langsung melakukan kegiatan terkait G20," kata dia.

https://nasional.kompas.com/read/2022/11/11/12590491/jokowi-dan-iriana-hadiri-pembukaan-ktt-asean-di-kamboja

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke