Salin Artikel

Demokrat Nilai Munculnya Relawan Anies-AHY dan Baliho Anies-Aher Tunjukkan Koalisi Perubahan Dinantikan

Menurutnya, hal itu nampak dari munculnya baliho Anies Baswedan dan Ahmad Heryawan, serta kemunculan relawan Anies dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Merupakan salah satu tanda banyak masyarakat yang punya harapan besar ke koalisi perubahan. Jadi, di mana-mana wajah tokoh-tokoh koalisi perubahan mulai dimunculkan oleh masyarakat,” ujar Renanda dalam keterangannya, Kamis (3/11/2022).

Diketahui, koalisi tersebut tengah dijajaki oleh Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Nasdem.

Namun, hingga kini ketiga partai politik (parpol) tersebut belum menemukan titik kesepakatan.

Renanda mengatakan, dukungan masyarakat itu juga ditunjukkan dengan munculnya deklarasi Anies-AHY di berbagai wilayah.

“Bahkan, sudah sampai Pontianak, Kalimantan Barat, Ambon, Maluku, bukan hanya kota-kota besar di Jawa dan Sumatera,” katanya.

Ia menilai gerakan pemasangan baliho dan deklarasi relawan itu menunjukan keinginan terwujudnya koalisi perubahan tak hanya menjadi harapan para elit parpol.

Namun, juga menjadi keinginan oleh masyarakat di akar rumput.

“Masyarakat banyak berharap koalisi perubahan bisa segera diwujudkan. Ini tentu semakin menguatkan motivasi kami untuk terus konsisten bersama rakyat memperjuangkan perubahan dan perbaikan,” ujar Renanda.

Salah satu yang masih dibahas adalah penentuan figur calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Anies Baswedan dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Partai Nasdem mengusulkan agar cawapres dipilih dari figur non parpol.

Sementara itu, PKS ingin mengusung Ahmad Heryawan karena dinilai telah berpengalaman sebagai mantan Gubernur Jawa Barat.

Di sisi lain, Partai Demokrat ingin AHY mendampingi Anies. Sebab, keduanya dinilai punya chemistry yang kuat, dan menjadi figur perubahan dan perbaikan.

https://nasional.kompas.com/read/2022/11/03/16024791/demokrat-nilai-munculnya-relawan-anies-ahy-dan-baliho-anies-aher-tunjukkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke