Salin Artikel

PSSI Sebut Arema Vs Persebaya Digelar Malam Sudah Kantongi Rekomendasi Polisi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komite Wasit PSSI Ahmad Riyadh menyebut bahwa kepolisian telah mengeluarkan rekomendasi pertandingan malam hari antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022).

Ia mengungkapkan, rekomendasi tersebut dikeluarkan oleh Polda Jawa Timur dan Polres Malang.

“Ada (rekomendasi dari polisi), iya itu sudah ada. Kalau enggak ada rekomendasi tidak mungkin (pertandingan) terlaksanakan,” ujar Riyadh usai memberikan klarifikasi kepada TGIPF Tragedi Kanjuruhan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (11/10/2022).

Ia menegaskan, laga Arema melawan Persebaya tidak akan berjalan apabila tidak ada rekomendasi dari kepolisian.

Karena itu, setiap pertandingan dapat dipastikan ada rekomendasi dari kepolisian.

“Tetap malam pun juga ada rekomendasi dari Polres. Tidak mungkin pertandingan berjalan tanpa rekomendasi dari pihak keamanan,” imbuh dia.

Diketahui, laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022), berakhir dengan skor 2-3 untuk kemenangan tim tamu.

Seusai laga, kericuhan pun pecah. Pihak kepolisian menembakan gas air mata ke arah penonton yang berada di tribune stadion. Sebanyak 132 orang yang berada di dalam stadion meninggal dunia.

Merespons tragedi Kanjuruhan, pemerintah telah membentuk TGIPF Tragedi Kanjuruhan untuk mengusut kasus ini.

Sementara itu, Polri telah menetapkan enam orang tersangka dalam tragedi Kanjuruhan.

Keenamnya yakni Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) Akhmad Hadian Lukita, Ketua Panpel Arema FC AH, Security Officer SS, Kabag Operasi Polres Malang WSS, Danki III Brimob Polda Jawa Timur H, dan Kasat Samapta Polres Malang BSA.

Para tersangka dijerat Pasal 359 dan 360 KUHP tentang Kelalaian yang Menyebabkan Kematian dan Pasal 103 Juncto Pasal 52 UU RI Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

Selain itu, ada 20 polisi yang melanggar etik, terdiri atas 6 personel Polres Malang dan 14 personel dari Satuan Brimob Polda Jawa Timur.

https://nasional.kompas.com/read/2022/10/12/14372591/pssi-sebut-arema-vs-persebaya-digelar-malam-sudah-kantongi-rekomendasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke