Salin Artikel

Flypass Jet Tempur F-16 Warnai Geladi Kotor HUT Ke-77 RI di Langit Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Istana Kepresidenan menggelar geladi kotor persiapan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Sabtu (13/8/2022).

Dalam pelaksanaannya, Pasukan Bendera Pusaka Pengibar Bendera (Paskibra) hingga Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) turut terlibat dalam pelaksanaan gladi kotor.

Selain itu, geladi kotor juga diwarnai dengan flypass atau penerbangan seremonial pesawat tempur F-16 yang membentuk angka 77.

Dalam pantauan Kompas.com, flypass yang ditunjukkan pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara tersebut terlihat di atas langit Gedung Sarinah, Menteng, Jakarta Pusat, sekitar pukul 10.00 WIB.

Sementara itu, Paskibraka bersama Paspampres terus mematangkan formasi upacara pengibaran bendera di di Istana Kepresidenan. Hal ini sebagaimana video yang diunggah Antara.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, geladi kotor diikuti oleh semua pihak yang terlibat dalam upacara, termasuk Paskibra, Paspampres dan pasukan dari tiga matra TNI.

"Besok adalah geladi kotor pertama. Semua yang berkepentingan itu sudah hadir sampai siang hari dari Paspampres, dari Paskibra, terus tiga matra TNI AD, AU, AL sudah mulai latihan menyatukan langkah. itu di besok," kata Heru kepada wartawan, Jumat (12/8/2022).

Heru menjelaskan, pada upacara hari kemerdekaan tahun ini, jumlah anggota Paskibra yang dikerahkan sudah lengkap dengan formasi 17-8-45.

Adapun geladi kotor itu akan dilakukan hingga Minggu (14/8/2022), sedangkan geladi bersih upacara rencananya digelar pada Senin (15/8/2022).

Berbeda dengan dua tahun sebelumnya, upacara peringatan detik-detik proklamasi pada tahun ini dapat diikuti oleh masyarakat umum.

Pemerintah membuka 2.500 undangan upacara fisik pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-77 Republik Indonesia dan 2.500 undangan upacara fisik pada Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih.

Ini merupakan pertama kalinya upacara peringatan kemerdekaan RI dapat diikuti oleh masyarakat umum sejak dua tahun pandemi Covid-19 melanda.

https://nasional.kompas.com/read/2022/08/13/17222781/flypass-jet-tempur-f-16-warnai-geladi-kotor-hut-ke-77-ri-di-langit-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke