Salin Artikel

Anggota Komisi III Pastikan DPR Tetap Awasi Penanganan Kasus Brigadir J meski Sedang Reses

Menurutnya, fungsi pengawasan tetap berjalan meski anggota DPR tengah menjalani masa reses atau bekerja ke daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

“Kami tetap mengikuti proses-proses penanganan peristiwa polisi tembak polisi dengan seksama, termasuk berkomunikasi dengan jajaran penegak hukum dan Komnas HAM,” papar Arsul pada wartawan, Senin (25/7/2022).

Pada prinsipnya, lanjut dia, Komisi III DPR bakal melihat proses penanganan perkara yang dilakukan oleh Polri lebih dulu.

“Apakah proses yang saat ini berjalan telah sesuai dengan hukum acara dan keadilan baik, mereka yang terimplikasi dengan peristiwa tersebut maupun keadilan publik,” tutur dia.

Arsul berharap pengungkapan perkara berlangsung sesuai kaidah hukum yang berlaku.

“Jika semuanya sudah terpenuhi, aspek hukum acara pidana dengan keadilan tersebut, serta proses hukumnya dijalankan dengan benar maka ya tidak perlu ada agenda khusus bagi Komisi III untuk memanggil Kapolri,” ungkap dia.

Diketahui hingga kini pihak kepolisian masih melakukan pemeriksaan terkait kemarian Brigadir J.

Salah satunya dengan menggelar prarekonstruksi di rumah Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo di kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta, Sabtu (23/7/2022).

Prarekonstruksi itu terkait dugaan pelecehan, pengancaman, dan percobaan pencabulan terhadap istri Ferdy yang diduga menjadi latar belakang aksi tembak menembak antara Brigadir J dengan Bharada E.

Saat ini laporan dugaan pelecehan itu ditangani oleh Polda Metro Jaya.

Sementara laporan dugaan percobaan pembunuhan yang diajukan keluarga Brigadir J ditangani oleh Bareskrim Mabes Polri.

Polri menyatakan laporan dugaan percobaan pembunuhan telah memasuki tahapan penyidikan. Artinya polisi telah menemukan dugaan tindak pidana dalam perkara tersebut.

Namun sampai saat ini, kepolisian belum menentapkan tersangka dalam kasus ini.

https://nasional.kompas.com/read/2022/07/25/15094611/anggota-komisi-iii-pastikan-dpr-tetap-awasi-penanganan-kasus-brigadir-j

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke