Salin Artikel

Pertebal Pertahanan IKN, TNI AL Bakal Bangun Pangkalan Militer di Balikpapan

JAKARTA, KOMPAS.com - TNI Angkatan Laut akan mengubah Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan, Kalimantan Timur menjadi Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal).

Perubahan ini guna mempertebal kekuatan pertahanan laut seiring pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Dalam pembangunan Lantamal Balikpapan, TNI AL juga mendapatkan lahan yang dihibahkan pemerintah daerah Balikpapan untuk pembangunan Lantamal berikut fasilitasnya.

“Pembangunan (Lantamal Balikpapan) tersebut akan masuk dalam perencanaan tahun 2023,” kata Yudo saat meninjau lahan hibah di Balikpapan, Rabu (29/6/2022).

Yudo menyatakan, rencana pembangunan tersebut sesuai dengan pertimbangan strategis bahwa fungsi Lantamal di Balikpapan nantinya sebagai pengamanan IKN.

Untuk itu, TNI AL akan terus memperbaiki dan mengembangkan fasilitas pangkalan dan membangun kekuatan untuk menjawab tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks.

Yudo juga berkomitmen untuk menyediakan sarana dan prasarana yang memadai dan lebih baik.

Hal ini dilakukan untuk kebutuhan prajurit dan operasional organisasi di seluruh jajaran TNI AL.

Sebagai informasi, Lanal Balikapapan saat ini berada di bawah Lantamal XIII Tarakan. Keduanya merupakan satuan di bawah kendali Komando Armada II (Koarmada II) yang bermarkas di Surabaya, Jawa Timur.

https://nasional.kompas.com/read/2022/06/30/12121771/pertebal-pertahanan-ikn-tni-al-bakal-bangun-pangkalan-militer-di-balikpapan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.