Salin Artikel

Kemenkes: 4 Pasien Covid-19 Omicron BA.4 dan BA.5 Sudah Divaksinasi Lengkap

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril mengatakan, 4 pasien yang terpapar subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 sudah divaksinasi dosis lengkap.

"Mereka (pasien Covid-19) rata-rata sudah divaksinasi, bahkan sudah ada empat kali vaksinasi," kata Syahril dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (10/6/2022).

Syahril mengatakan, 4 pasien tersebut terdiri dari 1 Warga Negara Indonesia (WNI) dan 3 Warga Negara Asing (WNA) yang merupakan delegasi dari Global Platform Disaster Risk Reduction (GPDRR).

Ia mengatakan, kondisi klinis WNI yang terpapar BA.4 tidak bergejala. Sementara, 2 WNA juga tidak mengalami gejala dan 1 WNA mengalami gejala ringan.

"Yang satu orang ringan dengan sakit tenggorokan dan badan pegal-pegal," ujarnya.

Di sisi lain, Syahril mengatakan, data interim menunjukkan bahwa subvarian Omicron BA.4 Dan BA.5 memiliki kemungkinan menyebar lebih cepat dibandingkan subvarian Omicron BA.1 Dan BA.2.

Tetapi, dua subvarian tersebut tidak memiliki indikasi menyebabkan kesakitan lebih parah dibandingkan varian Omicron lainnya.

Selain itu, dua subvarian ini memiliki penurunan terhadap kemampuan terapi antibodi monoklonal sehingga harus diwaspadai.

"Kemungkinan dia bisa menghindar atau lolos dari kekebalan yang sudah ada pada seseorang baik dari vaksinasi atau kekebalan alamiah," ucap dia.

https://nasional.kompas.com/read/2022/06/10/17431731/kemenkes-4-pasien-covid-19-omicron-ba4-dan-ba5-sudah-divaksinasi-lengkap

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke