Salin Artikel

SPIN: Prabowo Jalan Tengah Basis Pemilih Islam dan Pendukung Jokowi

Hal itu ia ungkapkan ketika mengumumkan hasil survei yang dilakukan SPIN pada 11-21 Mei 2022, dengan 1.230 responden yang akan berusia 16-39 tahun pada 2024.

Elektabilitas Prabowo disebut mencapai 27 persen, selisih 12 persen dengan Ganjar di urutan kedua dan 13 persen dengan Anies di peringkat ketiga.

Igor menganggap, Prabowo memiliki posisi tawar yang komplet dibandingkan Anies dan Ganjar.

“Saya melihat indikator pemilih Jokowi dan pemilih muslim, Pak Prabowo potensinya,” kata Igor dalam jumpa pers, Senin (6/6/20222).

“Anies, misalnya, kandidat terkuat juga, dia di pemilih muslim (elektabilitasnya) tinggi, tapi di pemilih Jokowi, yang dianggap masih cukup besar, negatif,” lanjutnya.

Berkebalikan dengan Anies, lanjut Igor, Ganjar Pranowo menguasai segmen pemilih Presiden Joko Widodo. Akan tetapi, pada basis pemilih muslim, elektabilitas Ganjar “mungkin negatif”.

“Pak Prabowo ini semacam jalan tengah. Beberapa survei juga mengatakan pemilih Jokowi berpotensi menyeberang memilih Pak Prabowo,” ujar Igor.

Ia menjelaskan dua alasan yang membuatnya berkesimpulan demikian.

Pertama, kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan dianggap publik “cukup bagus”. Hal ini dianggap berkontribusi pada elektabilitas Prabowo dari sisi pemilih Jokowi.

“Misalnya mengorganisasi alutsista, komcad (komponen cadangan) digulirkan. Rekan-rekan media bisa melihat survei lainnya, pemilih Jokowi-Ma’ruf pada 2019 juga potensial memilih Pak Prabowo, di samping Ganjar Pranowo,” jelas Igor.

Kedua, safari Prabowo ke beberapa pesantren dan kiai saat Lebaran 2022 lalu diklaim tidak menimbulkan sentimen negatif, berdasarkan survei teranyar yang dilakukan SPIN.

“Sebagian besar atau 68,5 persen generasi Z dan generasi milenial mengaku suka terhadap kunjungan yang dilakukan Prabowo tersebut dan tidak ada yang salah dengan kunjungan tersebut. Lalu, 18,2 persen memandang hal itu biasa saja,” tambah Igor.

“Safari Prabowo ke ulama saat Lebaran itu dianggap positif. Ini mengakibatkan elektabilitas Pak Prabowo naik. Jadi, konsekuensinya pemilih muslim juga simpati,” tutupnya.

Sampel penelitian SPIN kali ini diambil secara proporsional di 34 provinsi, teknik penarikan sampel menggunakan multistage random sampling.

SPIN menyebutkan bahwa pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung dengan bantuan kuesioner.

Tingkat kepercayaan survei ini berkisar di angka 95 persen, dengan margin of error 2,8 persen.

https://nasional.kompas.com/read/2022/06/06/19084841/spin-prabowo-jalan-tengah-basis-pemilih-islam-dan-pendukung-jokowi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke