Salin Artikel

Puas Ada di Papan Tengah Survei Elektabilitas Capres 2024, Ridwan Kamil: Saya Tahu Diri

Dalam survei-survei itu, nama pria yang akrab bisa Kang Emil itu rutin berada di posisi 4-6, bersaing dengan tokoh-tokoh seperti Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Sementara itu, sosok-sosok beken seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kokoh di puncak.

Dalam wawancara eksklusif pada tayangan Gaspol! Kompas.com, Rabu (18/5/2022), Emil menyatakan bahwa dalam karir politiknya ia memegang 2 prinsip utama.

"Saya punya 2 filosofi. Politik tahu diri dan politik akal sehat," kata Emil.

Politik akal sehat, kata dia, membuatnya tak menutup kemungkinan atas berbagai peluang yang ada di depan mata termasuk untuk berkontestasi di level nasional meski ia mengaku tak akan ngotot mengejar hal itu.

Sementara itu, politik tahu diri membuatnya realistis.

"Mungkin ada pertanyaan, kenapa hasil surveinya di papan tengah? Saya kan harus tahu diri," ujarnya.

"Saya tahu Mas Anies gubernur yang (pemerintah) pusat itu (mendapatkan) atensi, siapa pun di Jakarta kan heboh karena pusat perhatian. Saya juga bukan Pak Ganjar yang sudah 2 periode," jelasnya.

Sebagai pejabat yang baru duduk di kursi gubernur selama 1 periode, ia menganggap keberadaan dirinya di papan tengah tangga survei sebagai hasil yang layak.

Di sisi lain, ia meyakini bahwa survei bukan satu-satunya tolok ukur dalam kontestasi politik.

"Saya baru jadi gubernur, kena Covid-19 2 tahun, kalau survei di papan tengah, bagi saya sangat-sangat fair. Saya menyadari itu. Makanya saya kerja saja lah," ungkapnya.

"Kembali lagi masalah nanti nasional itu lihat realita. Hari ini susah ditebak karena semua yang tersurvei beda-beda tipis. Maka siapa berpasangan dengan siapa belum jelas. Kita harus belajar politik bukan matematika," ujar eks Wali Kota Bandung.

https://nasional.kompas.com/read/2022/05/18/12100641/puas-ada-di-papan-tengah-survei-elektabilitas-capres-2024-ridwan-kamil-saya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke