Salin Artikel

Jasa Marga: 1,7 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek, Naik 9,5 Persen Dibanding Sebelum Pandemi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) mencatat, sebanyak 1,7 juta kendaraan meninggalkan Jabodetabek terhitung dari H-10 hingga H-1 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Kendaraan-kendaraan itu terbagi ke dalam beberapa arah, yakni timur (Trans Jawa dan Bandung), barat (Merak), dan selatan (Sukabumi, Cianjur, dan sebagainya).

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengungkapkan, angka ini pun merupakan rekor arus mudik tertinggi selama periode Lebaran tahun-tahun sebelumnya.

Bila dibandingkan periode yang sama pada Idul Fitri 2019 atau sebelum pandemi Covid-19 melanda, total kendaraan yang keluar dari Jabodetabek tahun ini naik 9,5 persen.

"Sedangkan, jika dibandingkan dengan lalu lintas normal pada periode November 2021 yang merupakan lalu lintas tertinggi saat pandemi, 1,7 juta kendaraan yang melintas di periode mudik tahun ini naik 18,6 persen,” kata Heru dalam keterangannya, Selasa (3/5/2022).

Heru melanjutkan, bila dilihat dari sisi distribusi arus lalu lintas, tujuan yang paling banyak disasar adalah arah timur via Tol Trans Jawa.

Tercatat, sebanyak 53,8 persen dari total pemudik melalui Tol Trans Jawa.

"Sementara itu 27,6 persen menuju arah Merak dan 18,7 persen menuju arah Puncak," tambah Heru.

Melihat tingginya arus lalu lintas mudik, Heru pun mengimbau masyarakat yang saat ini tengah berada di kampung halaman untuk mengatur waktu perjalanan kembali ke Jabotabek.

Pasalnya, periode arus balik Lebaran memiliki jumlah hari yang cukup pendek bila dibandingkan dengan arus mudik.

"Jika semua orang merencanakan pulang di akhir libur panjang, seperti tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022, maka peningkatan lalu lintas serentak secara bersama-sama ini harus diantisipasi oleh pengguna jalan," ujar dia.

https://nasional.kompas.com/read/2022/05/03/10135341/jasa-marga-17-juta-kendaraan-tinggalkan-jabodetabek-naik-95-persen-dibanding

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke