Salin Artikel

40 Juta Kendaraan Lewat Darat, Jokowi: Saya Takut 28-30 April Macet Total

Presiden khawatir jalur darat akan macet total apabila tidak ada antisipasi penguraian lalu lintas dan strategi mudik dari masyarakat.

"Yang berat memang adalah yang mudik lewat darat. Ada 23 juta mobil yang akan mudik akan ada 17 juta sepeda motor yang akan mudik. Angka-angka ini bukan angka yang kecil," ujar Jokowi saat memberikan keterangan di Pasar Bangkal, Sumenep, Madura sebagaimana dilansir dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (20/4/2022).

"Sehingga saya ingatkan, sudah tiga kali kita ratas-kan untuk manajemen lalu lintas, manajemen traffic-nya betul-betul disiapkan karena yang saya takutkan tanggal 28,29,30 (April) itu akan macet total kalau tidak ada rekayasa lalu lintas," tegasnya.

Menurutnya, sejumlah strategi sudah disiapkan pemerintah untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas saat arus mudik.

Antara lain, pengaturan ganjil genap, pengaturan untuk satu arah (one way) dan untuk sementara truk dikeluarkan dari jalan tol maupaun jalan nasional yang akan dipakai jalur mudik.

"Tetapi itu belum jaminan. Oleh sebab itu saya mengajak masyarakat untuk mudik yang memakai mobil lebih awal daripada nanti macet. Lebih awal mudiknya, yang lewat darat dan pakai mobil karena betul-betul angka 23 juta (mobil) itu bukan angka kecil," tegas Jokowi.

https://nasional.kompas.com/read/2022/04/20/17192171/40-juta-kendaraan-lewat-darat-jokowi-saya-takut-28-30-april-macet-total

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke