Salin Artikel

Menag Imbau Umat Islam Jaga Keamanan dan Persatuan Selama Ramadhan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1443 Hijriah jatuh pada 3 April 2022.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pun mengimbau umat muslim untuk terus menjaga keamanan dan persatuan selama bulan Ramadhan.

"Mengimbau seluruh umat Islam di Indonesia untuk tetap menjaga keamanan, persatuan, dan ketertiban agar kita tetap menjaga bisa menjaga masyarakat kita menjadi masyarakat yang benar-benar moderat dan toleran dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Yaqut dalam konferensi pers daring, Jumat (1/4/2022).

Yaqut berharap, seluruh umat Islam di Indonesia dapat menjalankan ibadah puasa secara bersama-sama di Ramadhan tahun ini.

Ia juga berharap Ramadhan ini menjadi simbol dan cerminan kebersamaan umat Islam, sekaligus sebagai wujud kebersamaan sesama anak bangsa untuk menatap masa depan Indonesia yang lebih baik.

"Saya menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin dan menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1443 Hijriah bagi seluruh umat muslim di Indonesia," kata Yaqut.

Sebagaimana diketahui, pemerintah menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1443 Hijriah yang menjadi penanda awal ibadah puasa jatuh pada Minggu, 3 April 2022.

Penetapan 1 Ramadhan 1443 Hijriah merupakan hasil sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bersama sejumlah organisasi masyarakat Islam pada Jumat (1/4/2022) sore.

"Secara mufakat 1 Ramadhan jatuh pada Ahad, 3 April 2022. Ini hasil sidang isbat yang disepakati bersama," ujar Yaqut.

Kemenag menjelaskan, sidang isbat mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Berdasarkan pantauan hilal di 101 titik, tidak ada satu pun yang melihat hilal. Dengan demikian, 1 Ramadhan ditetapkan jatuh pada Minggu, 3 April 2022.

Sidang isbat ini melibatkan peserta dari berbagai lembaga, seperti Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam.

https://nasional.kompas.com/read/2022/04/01/19494541/menag-imbau-umat-islam-jaga-keamanan-dan-persatuan-selama-ramadhan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke