Salin Artikel

V20 Dorong Kepala Negara G20 Bantu Pemerataan Akses Vaksin Covid-19

Co-Sherpa V20 2022 Makarim Wibisono mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 yang menyebar luas dan sudah hampir memasuki tiga gelombang, hanya negara-negara tertentu yang memiliki kapasitas untuk mengatasi.

"Sementara sebagian besar negara-negara hanya 30 persen yang bisa mencapai vaksinasi dosis pertama, di bawah 40 persen, sementara di kita sudah booster," kata Makarim dalam wawancara secara daring, Senin (24/1/2022).

Ia mengatakan, kondisi ketimpangan ini menunjukkan negara-negara anggota G20 perlu untuk mengembangkan nilai-nilai terkait dengan gotong royong.

Di mana di dalam gotong royong terdapat nilai integritas, solidaritas, dan saling berbagai.

"Ini perlu dikembangkan, tidak hanya orientasinya meningkatkan. Meningkatkan tanpa membuka akses luas ke negara-negara yang tidak punya kemampuan," ujar Makarim.

Kondisi banyak negara yang tak mampu mendapatkan akses vaksinasi kontras dengan kondisi beberapa negara di dunia yang justru memiliki pasokan vaksin melimpah.

Bahkan, beberapa negara, saking banyaknya vaksin tersedia, banyak yang sudah kedaluwarsa.

Di Indonesia, terakhir, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, sebanyak 1,121 juta vaksin di Indonesia yang sudah kedaluwarsa.

Hal inilah yang menurut Makarim perlu diperhatikan oleh negara-negara anggota G20.

"Bagaimana vaksin-vaksin terbuang percuma kedaluwarsa, sementara banyak masyarakat tidak pernah punya akses terhadap vaksin. Itu yang ingin disebarluaskan atau dikembangkan, agar masyarakat dunia lebih sejahtera," kata Makarim.

Adapun Co-Sherpa V20 2022 Alissa Wahid menjelaskan, pembentukan V20 didasari pada keinginan untuk membawa nilai-nilai dalam proses pembuatan kebijakan.

Melalui V20, harapannya setiap kebijakan yang dibahas oleh negara-negara anggota G20 bisa melibatkan partisipasi masyarakat.

"Jadi dia memang berangkat dari concern masyarakat yang lebih luas. Bukan dari negara itu sendiri, tapi dari aspek masyarakat sipilnya," kata Alissa.

https://nasional.kompas.com/read/2022/01/24/17590881/v20-dorong-kepala-negara-g20-bantu-pemerataan-akses-vaksin-covid-19

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke